Saturday, October 24, 2020
Home JATIM Dorong Produksi Lokal, Wagub Emil Tinjau UMKM Masker Mojokerto

Dorong Produksi Lokal, Wagub Emil Tinjau UMKM Masker Mojokerto

- Advertisement -

Untuk mengatasi hal tersebut, Emil lantas berdiskusi dengan Walikota Mojokerto terkait ketersediaan alat guna mendukung proses produksi.
Ia berharap dalam jangka waktu dekat ada tambahan alat untuk dioperasikan sehingga mampu memproduksi masker dalam jumlah lebih banyak sesuai permintaan yang tinggi.

Menurutnya, selain memproduksi masker, UMKM di Mojokerto yang sebelum pandemi banyak memproduksi alas kaki, kali ini banyak yang mencoba untuk usaha di bidang pertanian (urban farming) seperti tanaman hidroponik.

“Urban farming ini erat kaitannya dengan ketahanan pangan. Nantinya ini bisa disinergikan dengan Kelompok Usaha Bersama (KUB) serta masuk dalam e-warung,” ungkapnya.

“Hal ini sesuai dengan cita-cita Ibu Gubernur Jatim dulu ketika beliau menjadi Menteri Sosial bahwa kalau kita akan memberi bantuan pada warga, bantuan itu larinya juga untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil. Itulah esensi dasar dari e-warung tadi,” jelasnya.

Saat meninjau urban farming yang dilakukan UMKM tersebut, Emil mengaku senang melihat ada upaya untuk membangun teknologi pertanian baik itu melalui prebiotik, pupuk kompos dan lain sebagainya.

Hal itu kemudian bisa diimplementasikan salah satunya menjadikan kandang ayam tidak bau.

“Nah format seperti ini mungkin bisa diterapkan di pemukiman-pemukiman warga. Asalkan disiplin, mungkin secara dampak lingkungannya bisa diminimalisir,” imbuhnya.

“Misal di perumahan ada yang punya kandang ayam atau kandang kucing jadinya dengan format seperti ini jadi kandangnya tidak bau. Kalau standar ini bisa dibuktikan, memungkinkan bisa jadi diversifikasi pendapatan keluarga perkotaan,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER