Jumat, November 27, 2020
Beranda JATIM BANYUWANGI Dosen Poliwangi Bangun Theme Park 'Tanaman Obat Keluarga'

Dosen Poliwangi Bangun Theme Park ‘Tanaman Obat Keluarga’

KABAR RAKYAT Dosen Politeknik Negeri Banyuwangi membuat Theme Park bertemakan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Perumahan Puri Gading Mas Permai, Dusun Krajan, Dadapan, Kec. Kabat, Kab. Banyuwangi, hari Minggu, (18/10) malam.

Maseta Mukti, S.ST, MM, menyampaikan kegiatan sosialisasi pada masyarakat ini untuk memberikan edukasi tentang pentingnya TOGA di rumah masing-masing.

“Tujuan dibuatnya Theme Park ini, ketika warga perumahan sedang sakit, warga tidak perlu jauh-jauh untuk membeli obat, tapi bisa menggunakan tanaman obat rumah tangga yang ada disekitar kita,” ungkapnya.

Baca : Wagub Emil Secara Virtual Membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan

Ia juga menuturkan bahwa tanaman TOGA tidak hanya sebagai penyedia tanaman obat bagi keluarga, akan tetapi juga menjadi taman hijauan.

“Tanaman TOGA yang di tata baik dipekarangan rumah selain menjadi ciri khas Perumahan Puri Gading Mas Permai supaya dikenal sebagai Perumahan TOGA, akan menjadi Tanaman hijauan penghasil oksigen hingga tercipta udara sehat,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, setiap undangan warga yang hadir dalam sosialisasi ini, mendapatkan 1 pot dengan tanaman strowbery, jenis TOGA yang diberikan untuk ditanam di perumahan ada beberapa jenis Jahe, Lengkuas, Kunyit, Temulawak, Kapulaga, Daun Kelor, dan Lidah Buaya, yang diharap masa pandemi Covid-19 akan bermanfaat sebagai Sumber imun bagi keluarga.

Baca : Bondowoso Waspadai Bencana Hidrometeorologi 

“Tanaman obat sangat penting untuk pertolongan pertama bagi keluarga bila mengetahui caranya dengan benar. Kami dari Akademisi Poliwangi akan secara rutin memberikan edukasi bagi masyarakat secara berkelanjutan baik melalui program pengabdian atau program lainya,” pungkasnya.

Progam pengabdian masyarakat oleh tim pengabdian yang terdiri dari para Dosen, Masetya Mukti, S.ST, MM, Halil, S.Pd, M.ST, Kurniawan M. Nur, S.ST, MM.

Di perumahan Gading Mas diharapkan tanaman TOGA, bermanfaat bagi keluarga masing. Sebagai bahan dan menjadi obat tradisional tidak selalu harus memakai obat kimia.

Lebih dari itu para Dosen menyampaikan tanaman TOGA ketika dikembangkan tidak hanya sebagai obat akan tetapi bisa sebagai sumber ekonomi keluarga dilingkungan perumahan.***

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca