DPC PA GMNI Banyuwangi Gelar Rakercab II Diperluas dengan Tema “Peran GMNI Terhadap Program Pembangunan Daerah”

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPC.PA GMNI) Banyuwangi menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Diperluas II bertempat di Ballroom Blambangan Hotel Kokoon, Selasa (29/12/2020).
Rakercab yang bertemakan “Peran GMNI Terhadap Program Pembangunan Banyuwangi” ini, dihadiri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas Ketua DPRD, I Made Cahyana Negara dan Bupati Terpilih Ipuk Fiestiandani Azwar Anas serta Tokoh Masyarakat, Heru Pratista.
Ketua panitia Rakercab Diperluas II PA GMNI Banyuwangi, Desriaono dalam laporan pembuka menyampaikan, tujuan dari rapat kerja cabang adalah untuk menentukan arah dan sikap politik PA GMNI Banyuwangi dan merumuskan langkah-langkah strategis dalam upaya mendukung pembangunan daerah.

“ Rekomendasi politik bagi kader GMNI terlibat dalam sistem pemerintahan daerah, menyiapkan kader-kader dan alumni GMNI diberbagai sektor untuk membangun kehidupan politik Banyuwangi yang bermartabat dan berkelanjutan , “ ucap Desriano .

Selain itu juga membangun jejaring antar kader-kader alumni di masing-masing sektor dan menyiapkan kader yang memiliki komitmen menjadi agen perubahan di internal organisasi dalam lingkup program pembangunan daerah.

Selanjutnya Sekretaris PA GMNI Banyuwangi, Marcelinus Florianus GG memberikan apresiasi kepada Bupati Anas yang telah merubah wajah Banyuwangi menjadi salah satu daerah yang diperhintungkan baik di kancah Nasional maupun Internasional.

“Untuk Bupati Anas, kami menyampaikan terima kasih karena dalam 10 tahun kepemimpinannya sudah menjadikan Banyuwangi dikenal tidak hanya di kancah Nasional, tetapi juga melenggang ke kancah Internasional,” kata Sekretaris PA GMNI Marcelinus Florianus GG.

“Kami juga menyampaikan permintaan maaf. Mungkin terlalu keras dalam kontrol sosial maupun kontrol pemerintahan. Tapi percayalah, kami melakukan itu semata mata ingin Banyuwangi memiliki SDM yang maju handal. Untuk mensejahterakan rakyat Banyuwangi,” imbuhnya.

PA GMNI juga mengucapkan selamat kepada Ipuk Fiestiandani karena terpilih sebagai Bupati Banyuwangi 2020. Jika tidak ada aral melintang, pertengahan Februari 2021 mendatang, Ipuk bakal menggantikan suaminya.

“Selamat kepada Bupati terpilih Ibu Ipuk. Semoga dalam kepemimpinan ibu tambah maju desa dan kotanya. Tentu tetap mempertahankan kultur Banyuwangi. GMNI siap mengawal demi Banyuwangi yang lebih baik dan maju,” pesannya.

Ipuk merasa tersanjung karena telah disebut Bupati Terpilih oleh PA GMNI. “Terima kasih GMNI sudah menyebut kami Bupati Terpilih. Baru GMNI yang menyebut kami Bupati Terpilih.  Meski sebenarnya KPU belum menetapkan kami sebagai Bupati Terpilih,” imbuhnya.

Menurut Ipuk ada tiga tantangan yang akan dihadapi oleh pemerintah daerah selama lima tahun ke depan. “Pertama, yakni permasalahan kemiskinan dan pengangguran. Terutama di masa pandemi, ini (kemiskinan dan pengangguran) akan meningkat,” kata Ipuk.

Tentu persoalan ini harus menjadi atensi khusus, dengan mencanangkan program-program untuk menstimulus perekonomian, sehingga kemiskinan dan pengangguran bisa dientaskan.

“Kedua yakni pemerataan pembangunan. Adanya pandemi ini jelas berdampak pada kekuatan APBD Banyuwangi. Tentu pemerintah daerah harus membuat inovasi untuk meningkatkan PAD yang nantinya dapat digunakan untuk pemerataan pembangunan,” tegasnya.

Tantangan ketiga, kata Ipuk, yakni menjaga keharmonisan masyarakat di tengah maraknya intoleransi dan radikalisme. “Toleransi di Banyuwangi selama ini sudah terbangun dengan baik. Ini tentu harus dijaga oleh seluruh elmen masyarakat,” katanya.

Ipuk berharap GMNI juga bisa urun rembug dengan pemerintah daerah untuk mencari solusi terbaik dari persoalan-persoalan yang muncul di tengah masyarakat. “GMNI sebagai aktor intelektual tentu kita harapkan bisa memberikan solusi nyata bersama pemerintah daerah, dalam rangka untuk kesejahteraan rakyat Banyuwangi,” pungkasnya.*

 

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *