Jumat, November 27, 2020
Beranda ADVERTORIAL DPRD Kota Blitar Paripurna Penetapan Promperda dan APBD Tahun 2021

DPRD Kota Blitar Paripurna Penetapan Promperda dan APBD Tahun 2021

REPORTERArif/ADV/*

KABAR RAKYAT – DPRD Kota Blitar menggelar Sidang Paripurna agenda Penetapan Propemperda Tahun 2021 dan Persetujuan Bersama Atas Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2021, Senin (16/11/2020). Kegiatan disiplin protokol kesehatan dengan ketat.

Sidang Paripurna di Pimpin Ketua DPRD Kota Blitar Syahrul Alim, didampingi Wakil Ketua DPRD Agus Zunaidi dan Pjs. Walikota Blitar Jumadi, Sekda Pemkot Blitar Rudy Wijonarko, jajaran Forkopimda Kota Blitar, segenap anggota DPRD, sejumlah kepala OPD dan ormas.

Kesempatan itu, Ketua Dprd Syahrul Alim mengatakan, Propemperda Tahun 2021 merupakan inventarisasi usulan dari inisiatif DPRD dan Eksekutif juga telah di konsultasi ke Biro Hukum Pemprov. Jatim, baik dari sisi judul, maupun kewenangan pemerintah daerah terhadap materi Ranperda.

Syahrul menguraikan, Ranperda Tahun 2020 yang ditetapkan menjadi Perda, satu diantara APBD-P (APBD Perubahan) Tahun 2020. Juga disampaikan dua rancangan Perda tidak bisa dibahas pada tahun 2020 ini. Seterusnya akan di bahas tahun 2021.

Baca :

“Untuk postur anggaran, masih akan berkutat pada kebutuhan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 serta maksimalisasi pembangunan infrastruktur daerah yang tersendat pada anggaran tahun 2020 akibat pandemi,” terangnya.

Dikatakan Syahrul terkait Raperda APBD Tahun 2021, kini telah resmi ditandatangani bersama antara eksekutif dan legislatif. Setelah ini Raperda APBD akan diajukan kepada Gubernur Jawa Timur untuk evalusasi. Ditargetkan evaluasi tersebut rampung dua minggu mendatang.

“Secara umum, seluruh program pembentukan Perda (Propemperda) Tahun 2021 mendatang menjadi prioritas,” imbuhnya.

Sementara itu, Pjs. Walikota Blitar Jumadi, memuji kinerja DPRD yang cepat dalam membahas Propemperda dan Raperda APBD Tahun 2021.

“Pembahasan DPRD lebih cepat dan lebih bagus. sehingga kesempatan OPD untuk menjalankan sisa anggaran di tahun 2020 ada kelonggaran sedikit waktu. Sehingga di Triwulan terakhir bisa dijalankan dengan baik,” katanya.

Dijelaskan, pada tahun 2021 nanti Pemkot Blitar akan menjalankan percepatan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lainnya.

“Situasi pandemic covid-19 ini belum bisa dikatakan selesai. Pasalnya, temuan kasus positif masih banyak. tetapi beberapa hari terakhir untuk kota blitar sudah menurun, oleh karena itu di 2021 pembiayaan untuk covid-19 dan dampaknya akan tetap di siapkan,” pungkasnya.***

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca