DPRD Trenggalek Paripurna Penetapan Bupati – Wakil Bupati Terpilih Hasil Pilkada 2020

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – DPRD Kabupaten Trenggalek rapat paripurna pengumuman penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pemilihan Tahun 2020.

Rapat paripurna karena masa pandemi covid 19, digelar secara langsung dan virtual. Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam.

Paripurna DPRD Trenggalek ada dua agenda yang dibahas dalam rapat paripurna kali ini.

“Kegiatan ini rangkaian dari pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020. Ada 2 agenda kegiatan, yakni pengumuman keputusan KPU terkait pasangan calon bupati terpilih dan pengumuman pemberhentian kepala daerah masa jabatan sebelumnya,” ucap Samsul.

Ditegaskan politisi PKB ini, kedua agenda tersebut merujuk pada UU. No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dan juga Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah.

“Salah satunya disebutkan bahwa sejak KPU mengumumkan dan menetapkan hasil rekapitulasi Pilkada. Maka 5 hari sejak ditetapkan, DPRD harus menyampaikan pengumuman tersebut dalam rapat paripurna,” tegasnya.

Dalam paripurna, dibacakan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek terpilih yakni Mochamad Nur Arifin dan Syah Natanegara.

“Kemarin memang sudah sepakat jika hari ini akan dilakukan rapat paripurna. Namun mengingat kondisi pandemi akhirnya mengikuti secara virtual,” kata Samsul.

Tahapan selanjutnya, DPRD Trenggalek mengirimkan hasil pengumuman ini bersama surat-surat dari KPU ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur.

“Mengingat dalam hal ini Gubernur merupakan wakil dari Pemerintah Pusat untuk segera mengesahkan dan menetapkan sekaligus membuat surat keputusan penetapan calon bupati terpilih menjadi Bupati Trenggalek periode 2021-2024,” pungkasnya.

Masih terang Samsul, proses pemberhentian jabatan Bupati Trenggalek ini nantinya akan dilakukan setelah proses pelantikan.

“Setelah bupati baru selesai dilantik, maka akan turun surat pemberhentian Bupati periode lama. Nanti tanggal 17 Februari 2021, akan dilaksanakan pelantikan Bupati Trenggalek terpilih sekaligus memberhentikan Bupati periode sebelumnya,” tutup Samsul.

Dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Trenggalek 9 Desember 2020 kemarin pasangan Mochamad Nur Arifin dan Syah Natanegara mendapat perolehan suara 259.844. Jika diprosentasekan 68,16%.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *