Tuesday, August 4, 2020
Home BERITA DPRD Umumkan Usulan Pengesahan Santoso Menjadi Walikota Blitar

DPRD Umumkan Usulan Pengesahan Santoso Menjadi Walikota Blitar

Bacakan keputusan Menteri Dalam Negeri. Sesuai petikan Putusan Mahkamah Agung RI nomor 2440 K/Pid.Sus/ 2019 tanggal 25 september 2019.

KabarRakyat.ID – DPRD Kota Blitar menggelar Sidang Paripuna dengan agenda Pengumuman Pemberhentian Walikota Blitar dan Usulan Pengangkatan dan Pengesahan Wakil Walikota Blitar menjadi Walikota Blitar Masa Jabatan 2016-2021.

Sidang itu dilaksanakan,  menindaklanjuti Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri tentang Pemberhentian Walikota Blitar Muh. Samanhudi Anwar karena melakukan tindak pidana korupsi. Sesuai petikan Putusan Mahkamah Agung RI nomor 2440 K/Pid.Sus/ 2019 tanggal 25 september 2019.

Selanjutnya menunjuk, Pelaksana Tugas Walikota Blitar Santoso, untuk melaksanakan tugas dan kewenangan Walikota Blitar sampai dengan dilantiknya Wakil Walikota Blitar menjadi Walikota Blitar, sisa masa jabatan 2016-2021.

Rapat paripurna yang di laksanakan di gedung DPRD setempat itu, di pimpin langsung Ketua DPRD Kota Blitar, Syahrul Alim didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Blitar Yasin Hermanto  dan lainnya.

Hadir dalam acara ini Plt. Walikota Blitar Santoso, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kota Blitar Rudy Wijonarko, Jajaran Forkopimda Kota Blitar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Blitar, Camat, Dan Lurah Se-Kota Blitar.

Dalam sidang itu, sesuai dengan Surat Keputusan (Sk) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan kesepakatan bersama dari Anggota DPRD Kota Blitar, Mengusulkan Plt Walikota Blitar, Santoso menjadi Walikota Blitar untuk periode 2016-2021.

“ Kita segera laksanakan Sidang Paripurna usai menerima SK Menteri Dalam Negeri  Tito Karnavian terkait pemberhentian saudara Muh Samanhudi Anwar sebagai Walikota Blitar. Kata Syahrul Alim Ketua DPRD Kota Blitar, Usai Sidang Paripurna yang di laksanakan Senin siang (3/2/)

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Blitar Santoso seusai acara menyatakan, Usai di usulkan menjadi Walikota Blitar ini, pihaknya tengah menunggu jadwal pengukuhan Walikota Definitif Dari Gubernur Jawa Timur.

Pihaknya berharap, Agar pengiriman hasil sidang paripurna hari ini ke gubernur jawa timur, Selanjutnya Gubernur juga memastikan Surat Keputusan (SK) Ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tidak berlangsung lama.

“ Sesuai mekanisme yang memutuskan Pelantikan Walikota Definitif Adalah Mendagri. Nanti selanjutnya Mendagri mengeluarkan surat yang di tujukan ke Gubernur Jatim” Tutup (Plt) Wali Kota Blitar Santoso.

Reporter: Rif

Editor: Choiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER