Dua Orang Hilang Tertimpa Material Vulkanik Semeru

  • Whatsapp
alat berat.
DIduga Lokasi Hilang Dua Orang. Tim SAR gabungan menyisir kawasan Hulu Besuk Lengkong sampai Curah Kobokan Bawah. Alat berat backhoe saksi bisu hilangnya operator alat berat bernama H. Asmad warga Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Korban lainnya, bernama Badur (45).

KABAR RAKYAT –  Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lumajang, Basarnas Pos Jember dan Basarnas Surabaya, Potensi SAR Jember dan Surabaya serta relawan mencari dua orang hilang diduga korban tertimpa material vulkanik gunung Semeru.

Dikonfirmasi Setyawan Purnomo ST, Kabid Kedaruratan, Rehabilitasi Dan Rekontruksi BPBD lumajang mengatakan, dua korban itu, Badur (45) dan operator alat berat backhoe H. Asmad warga Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Kedua korban itu diduga hilang tertimbun material vulkanik Semeru, Senin (1/12/2020).

Bacaan Lainnya

Pencarian dilakukan mulai jam 08.30 WIB hingga jam 12.00 WIB. Pencarian dibagi 4 tim SAR, pencarian dan penyisiran dilakukan mulai dari hulu besuk Lengkong sampai curah kobokan bawah, namun sampai saat saat ini pencarian dan penyisiran belum berhasil.

Erupsi Semeru
Alat berat saksi bisu korban hilang peristiwa erupsi gunung Semeru, Senin (1/12/2020). Ft. Ulum

Setyawan mengatakan, saat ini regu penyelamat juga memantau aktivitas Gunung Semeru. Untuk saat ini Aktivitas Gunung Semeru terjadi guguran lava pijar yang keluar dari bibir kawah Jonggring.

Ditanya seputar logistir air bersih, Setyawan memastikan saat ini aman, karena satu mobil tangki air bersih telah datang.

“Bantuan air bersih terus dilakukan, 1 Tanki Droping BPBD sudah stay di Dusun Sumbersari Desa Supiturang Pronojiwo Lumajang untuk suplai warga. Karena pipa air putus akibat tertimbu material vulkanik,” jelasnya.

Sementara itu, informasi kondisi Gunung Semeru yang dihimpun media ini dari laporan aktivitas Gunung Api Periode Pengamatan tertanggal 02-12-2020 mulai pukul 12.00 wib – 18.00 wib sebagai berikut

*Kegempaan : Guguran, jumlah : 9 Amplitudo : 3: 15 mm, Durasi 45-200 detik. Getaran Banjir/Lahar Hujan terekam 1 kali dengan amplitudo 15 mm, durasi 3000 detik. Sedangkan tingkat aktivitas Gunung Semeru untuk saat ini pada level II (waspada).

Terpantau dan teramati dari Dusun Kajar Kuning Sumberwuluh Candipuro, terlihat guguran lava pijar keluar dari kawah Jonggring dan masih proses Asesmen TRC.***

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *