Dua Ratus Rumah Lebih Terdampak Banjir Di Probolinggo

  • Whatsapp

Jalur Pantura Probolinggo pun terendam luapan sungai,Rabu malam (26/2/2020).

 

KabarRakyat.ID – Luapan sungai Bayubiru,menyebabkan lebih dari dua ratus rumah terendam di Desa Pajurangan, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Banjir juga melanda di  kecamatan Tongas dan Sumberasih,Rabu ( 26/2/2020).

Cuaca ekstream melanda separo dari wilayah kabupaten Probolinggo khususnya wilayah barat. Hujan deras yang terjadi lebih dua jam itu menyebabkan sungai meluap hingga menyebabkan permukiman warga terge nang air. Sungai Banyubiru, Desa Pajurangan, Kecamatan Dringu meluap hingga beberapa Dusun terdampak banjir. Dusun pasar RT02/RW01 Desa Pajurangan sebanyak 30 KK, Dusun sekolahan RT05/RW02 Desa Pajurangan sebanyak 68 KK, Dusun sekolahan RT06/RW02 Desa Pajurangan sebanyak 62 KK.

Sementara di Desa Kalisalam Dusun grogol dan Dusun Gepeng dilaporkan ada 100 KK terendam banjir. Bahkan di lokasi dua dusun ini air setinggi dada sehingga tim TRC BPBD menurunkan perahu karet untuk mengevakuasi warga. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengatakan, kondisi sungai meluap dipicu oleh hujan berintesitas sangat tinggi.

” Hujan yang sangat lebat dihampir sebagian besar wilayah menyebabkan debet air sungai meninggi. Sungai Bayubiru misalnya semalam meluap hingga menyebabkan beberapa Dusun di Desa Panurangan tergenang air. Hal sama di Dusun Grogol kondisi air tadi malam setinggi dada, diperparah air laut pasang. Genang air di permukiman warga mulai menirut saat air laut surut sekitar pukul 23.000,” kata Anggit Hermanuadi.

Kawasan permukiman warga yang terdampak banjir di Probolinggo di Kecamatan Dringu diperkirakan lebih 200 KK. Data ini belum termasuk Desa Bayeman,Curahtulis,Kecamatan Tongas, Desa Sumberbendo Kecamatan Sumberasih yang sama -sama kawaaan langganan banjir.

” Pagi ini petugas BPBD masih melakukan esessment dan membantu warga membersihkan dampak banjir. Aksi normalisasi ini melibatkan anggota TNI/Polri dan relawan”, ungkap Kepala Pelaksanakan BPBD Anggit Hermanuadi,Kamis(27/2/2020).

 

Reporter : Richard
Editor      : Choiri

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *