Pemkab Probolinggo Bantu Distribusi Air Bersih Untuk Warga Kota Probolinggo

  • Whatsapp
IMG-20200211-WA0019
Mobil tamgki PDAM kabupaten Probolinggo bantu warga Kota kesukitan air bersih,(11/2/2020)

KabarRakyat.ID – Belum rampungnya perbaikan jaringan utama PDAM Kota Probolinggo membuat warga kota terpaksa berinovasi mencari air bersih. Lebih dari sepekan penyambungan pipa utama di Rogojalu, Kecamatan Leces belum rampung. Akibatnya warga kota Probolinggo kian kelimpungan memenuhi kebutuhan air bersih.

Pemerintah Kota Probolinggo terus berupaya mencari solusi dalam pemenuhan air bersih warganya. Lebih dari sepekan warga mengeluhkan tidak adanya dukungan pasokan air bersih dari PDAM. Kesal dan kecewa pun diungkapkan warga kota Probolinggo.

Untuk mensiasati kebutuhan air bersih Pemkot Probolinggo meminta bantuan mobil tangki milik PDAM dan BPBD Kabupaten Probolinggo. Harapanya, pasokan air bersih warga kota Probolinggo segera dipenuhi dengan banyaknya armada pengangkut air.

Permintaan dukungan armada mobil tangki dibenarkan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi. Permintaan dukungan Pemkot Probolinggo untuk distribusi air bersih akibat saluran utama PDAM yang jebol ditindaklanjuti oleh Bupati Probolinggo.

” Usulan permintaan bantuan armada mobil tangki baik dari PDAM maupun BPBD Kabupaten sudah diijinkan Bupati Probolinggo. Mulai tadi pagi armada bantuan sudah menyuplai kebutuhan air bersih untuk warga kota”, ungkap Anggit Hermanuadi kepada wartawan, Selasa (11/2/2020).

Dukungan yang diberikan Bupati Probolinggo Tantriana Sari merupakan kerjasama saling melengkapi antara pemkab dan Pemkot yang bertetangga secara adminitrasi. Namun yang lebih utama penting ungkap Anggit, adalah kebersamaan dalam menyelesaikan masalah.

Dengan bantuan mobil tangki dari Kabupaten Probolinggo diharapkan distribusi air bersih semakin cepat diterima warga kota yang membutuhkan. Bagi warga kota yang memiliki sumur pompa tidak masalah. Kondisi ini berbeda bagi yang warga yang mengandalkan hanya jaringam PDAM dibuat gusar dengan kondisi ini. Apesnya lagi PLN juga kerap kali padam hingga pemilik sumur pompa pun terdampak.

Walikota Probolinggo Habib Zainal Abidin terus memantau perbaikan PDAM dan sangat berharap perbaikan aegera rampung. Namun setelah melakukan sidak di lokasi jaringam yang rusak Walikota Probolinggo pun memaklumi perbaikan butuh waktunyang cukup.

Walikota meminta warga sabar dan pemkot berusaha mencari trobosan agar warga mendapat pasokan air. Salah satu solusi meminta bantuan mobil tangki milik kabupaten Probolinggo.

Direktur PDAM Siswandi mengakui perbaikan pipa ukuran besar yang rusak akibat penurunan konstur tanah di Rogojalu. Upaya pengelasan tidak mudah harus hati-hati.Disisi lain pipa ukuran besar peninggalan belanda tidak dijual di pasaran. Petugas harus mengakali agar pipa PDAM bisa difungsikan lagi,” ungkap Siswandi, saat medampingi sidak Walikota Probolinggo,kemarin.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *