Emosional, Kebakaran Hutan Dengan Wisata Alam Raung – Ranti – Ijen (RRI)

  • Whatsapp
kebakaran hutan Foto dari Licin
kebakaran hutan Foto dari Licin. Ft. istimewa
Oleh: Choiri Kurnianto

KabarRakyat.ID – Foto kebakaran hutan di Gunung Raung, Gunung Ranti, Ijen. Diambil dari Songgon dan Licin, Banyuwangi. Waktu berbeda, malam dan siang hari.

Apapun penampakannya, kebakaran hutan masih terus berlangsung. Tidak ada aktifitas memadamkan dengan cara lebih cepat. Malah terkesan dibiarkan saja.

Bacaan Lainnya

“Mungkin nanti mati sendiri?”, seloroh petugas keamanan yang bertugas memantau di Licin. Mereka hanya memantau dan memfoto perkembangan kebakaran.

Hutan terbakar di lereng gunung, kini masih jadi obrolan biasa. Masih belum dikatakan luar biasa. Alasannya klasik, penyebab kebakaran, bisa karena musim kemarau, lalu anginnya kencang.

Kebakaran Hutan Foto dari Songgon
Kebakaran Hutan Foto dari Songgon. Ft. Istimewa

Terus, bagaiamana dengan macetnya sektor ekonomi masyarakat yang mengandalkan pariwisata yang mensajikan keindahalan alam, Kawah Ijen, Pendakian Gunung Raung, dan lainnya.

Faktanya beberapa wisata alam pegunungan dari Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo ditutup, sampai batas waktu yang belum ditentukan. “Masih ada kebakaran hutan. Asapnya membahayakan manusia”.

Para adventure alam bebas pegunungan, sudah pasti memilih berhenti. Lalu bagaiamana dengan sektor ekonomi pedagang kecil, bisnis pariwisata, pengusaha travel, pelaku jasa gaet tamu dari luar negeri, pencari belerang di wisata Kawah Ijen, ojek pendakian di kawah Ijen, pemilik mobil tropher yang mengantar dan menjemput tamu wisata kawah ijen, hotel, dormitory, home stay. Kini mereka itu, harus stop aktifitas gara-gara hutan terbakar.

Kebakaran hutan di tiga  gunung Argopuro, Ranti, Alastengah, bukan sebuah kejadian yang luar biasa. Masih dianggap biasa-biasa saja, dan mungkin belum membahayakan kehidupan. Tapi entah sampai kapan, apakah dibiarkan hutan terbakar begitu saja? Hangus jadi arang tak lagi berguna?

Kebakaran Hutan Foto dari Tawonan
Kebakaran Hutan Foto dari Tawonan. Ft. Mahendra

Penulis dua hari, melakukan pemantauan di lereng Ijen, di kawasan Tawonan, Kecamatan Licin. Pedagang disana, mengaku omset penjualan menurun drastis. Sepi pengunjung. Tidak seperti biasanya. Tapi mereka punya harapan, agar api segera padam dan aktifitas pariwisata kembali normal.

(Penulis Anggota PWI Banyuwangi/Jajaran Redaksi KabarRakyatID)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *