FAJI Jawa Timur Peringati Hari Sungai Se-Dunia Dengan Gerakan Menanam Pohon di Sungai Pekalen Probolinggo

  • Whatsapp

FAJI Jawa Timur Peringati Hari Sungai Se-Dunia Melalui Gerakan Menanam Pohon di sungai Pekalen-Probolinggo, Minggu (27/9/2020)

KABAR RAKYAT – Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Pengurus Provinsi Jawa Timur, menggelar peringatan Hari Sungai Se-dunia tahun 2020 dengan cara gerakan menanam pohon dikawasan bantar sungai Pekalen Kabupaten Probolinggo. Tema Hari Sungai Se-dunia digunakan untuk merehabilitasi kawasan sungai dan ekosistem.

Bacaan Lainnya

Nyaris lepas dari perhatian, FAJI Jawa Timur memanfaatkan momentum Hari Sungai Se-dunia sebagai gerakan kepedulian lingkungan. FAJI tidak melulu manfaatkan sungai sebagai sarana kompetisi olahraga rafting. Namun, ekosistem kawasan sepadan sungai merupakan satu kesatuan yamg tidak boleh diabaikan.

FAJI Jawa Timur memilih kawasan Pekalen – Probolinggo, lantaran sungai ini memiliki karakter yang ekstrem dan memiliki arus yang sangat deras. Tidak salah alur sungai Pekalen ini menjadi tempat Rafting terbaik Nasional.

Gerakan menanam pohon dan tebar ikan dipilih dalam memperingati Hari Sungai Se-dunia menurut Ketua Umum FAJi Jatim, Imam Santoso mengatakan, penanaman pohon dan tebar ikan dipilih sebagai bentuk komitmen kuat dalam melindungi ekosistem dan habitat sungai.

” Rafting olahraga yang bergantung kepada alam. Olahraga ini akan berkembang dan berprestasi manakala sungai memiliki debet dan arus sungai yang deras. Lah dari mana itu ? Tentunya karena kawasan hutan di-sekitarnya terpelihara dengan baik. Ekosistem disekitarnya harus tetap dijaga bersama termasuk habitat bantaran sungai”, kata Imam Santoso.

Sungai Pekalen Probolinggo sendiri menjadi basic atlet FAJi Jatim yang dalam perjalanannya mampu memberikan prestasi Nasional bahkan Internasional. Penguatan kawasan sungai menjadi prioritas selain terus mencari bibir atlet Rafting.

” Dari sekian banyak sungai di Jawa Timur, alur sungai Pekalen Probolinggo yang terbaik dan sesuai standar olahraga rafting. Disini basic kita meningkatkan kemampuan atlet bekerja sama dengan Songa Adventure sebagai mitra FAJi. Hari Sungai Se-dunia kita peringati dengan penanaman pohon dan tebar ikan sebagai bentuk komitmen FAJI terhadap perlindungan kawasan sungai dan ekosistem yang melingkupinya,” tandas Imam Santoso, Minggu ( 28/9/2020).

Di tengah Pandemi Covid -19 FAJI Jatim memfokuskan kepada penguatan organisasi dan latihan terbatas berskala kecil.Alasan itu dilatarbelakangi kondisi pandemi Covid -19 yang membutuhkan kehati-hatian terhadap resiko penyebaran virus Corona.

” Intruksi saya mengedepankan keselamatan dan tetap mengedepankan protokol kesehatan disemua aspek. Pembatasan latihan atlet pun diambil. Namun kegiatan FAJI Jawa Timur tetap berjalan normal,” beber Imam.

Sementara itu kegiatan menanam pohon dan tebar iian diikuti oleh Pengurus dan Atlet Pengcab FAJI Kabupaten Probolinggo diketuai Mahdi ,S.E bwrsama masyarakat sekitar sungai Pekalen dilibatkan dalam kegiatan sosial tersebut,Minggu (27/9/2020).

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur juga ambil bagian dalam reboisasi kawasan sungai Pekalen, Kabupaten Probolinggo yang terkenal memiliki trafic kegiatan rafting tertinggi.

 

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *