Selasa, November 24, 2020
Beranda JATIM BONDOWOSO Fenomena Unik Tradisi Asatan Bendungan Bondowoso

Fenomena Unik Tradisi Asatan Bendungan Bondowoso

REPORTERIfa Bahsa

KABAR RAKYAT – Warga sekitar Bendungan Sampean Baru ramai berbondong menyaksikan tradisi Asatan atau Korasan dilaksanakan satu tahunan pembukaan pintu bendungan.

Ribuan orang meny1aksikan fenomena pembukaan pintu air Bendungan Sampean Baru yang terletak di Desa Bunotan, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso,  Minggu (1/11/2020).

Selain itu, pembukaan pintu air bendungan juga menjadi daya tarik, karena warga memanfaatkan surutnya air dengan menangkap ikan istilah warga Bondowoso ‘mighek jukok’.

Baca : Okupansi Meningkat KAI Operasikan Tiga KA, November “Apa Saja”

“Tiap tahun sekeluarga besar saya, ke sini. Untuk ‘mighek jukok’ (tangkap ikan) kalau ada asatan atau korasan (red : air surut),” jelas Dimas warga desa Sukowiryo pada kabarrakyat.id.

Masyarakat berbondong mencari ikan di Bendungan Pekalen Sampean.
Masyarakat berbondong mencari ikan di Bendungan Pekalen Sampean.

Menurut Dimas, bukan hanya keseruan saat menangkap ikan di sungai, tapi banyaka warga yang datang juga menjadi daya tarik.

Pantauan di lokasi,  ratusan warga yang mencari ikan saat kurasan Bendungan di tengah pandemi Covid-19 beramai-ramai memadati aliran sungai Sampean Baru.

Baca : Harga Karet Naik Gairahkan Ekonomi Petani Sadap

Sayangnya sebagian besar warga masih mengabaikan protokol kesehatan dengan tidak memakai masker. Jalan menuju bendungan tersebut macet, karena kanan kiri bahu jalan di penuhi kendaraan warga.

“Kalau asatan begini, biasanya pintu air di buka sebelum subuh. Kami sendiri sudah standby sejak pukul 5, khawatir tidak dapat tempat parkir, “tutupnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca