Festival Budaya Nusantara Ajang Ekspresi Seniman

290 views

This slideshow requires JavaScript.

KABARRAKYAT.ID – Festival Budaya Nusantara, di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur jadi ajang ekspresi seniman, yang datang dari daerah se Indonesia. Kemeriahan acara seni itu, memiliki tujuan mendongkrak destinasi wisata di Situbondo.

Ratusan pelaku seni dari berbagai daerah di Indonesia berekspresi seni diajang, , pada Senin (8/4/2019). Masing-masing menampilkan karya seninya, seperti teater, puisim, dan drama treatkal.

Peserta yang masih muda-muda ini, penuh dengan semangat menampilkan aksinya dipanggung yang sederhana. Teater asal Mahasiswa Universitas Jember (UNEJ) mengekspresikan bahaya sampah plastik, mendapat apresiasi peserta lainya.

Festival Budaya Nusantara, Situbondo ini dilaksanakan di sebuah kampung yang unik, terkenal penduduknya hanya berjumlah 26 KK (kepala keluarga), bernama Desa Olean Kecamatan Kota Situbondo.

Kampung yang mitosnya tak boleh dihuni oleh lebih dari 26 KK ini, memiliki kepercayaan jika dilanggar akan mengakibatkan warganya akan meninggal dunia, menjadi lokasi digelarnya Festival Budata Nusantara.

Selain dinilai unik dan kesan kampung yang terbilang sedikit membuat bulu kuduk merinding,dapat masuk ke lokasi kampung ini, menjadikan destinasi wisata unggulan di Situbondo.

Destinasi yang tidak hanya menyuguhkan kampung berpenghuni 26 KK, geografis lokasi dekat perkebunan tenu, jagung dan abtak sapi dilumpur, yaitu semacam balapan sapi diarena persawahan, Desa Olean, juga menyuguhkan sensasi melihat dari dekat proses pembuatan gula di Pabrik Gula (PG) Olean.

Sementara itu, Ansori Kepala Desa Olean dengan adanya Festival Budaya Nusantara ini, merupakan kebanggaan. Dimana para pelaku seni se Indonesia, sudah ikut berperan mengenalkan edukasi bagi masyarakat sekitar, serta destinasi wisata penduduk dengan 26 KK secara tidak langsung akan dikenal rakyat se Nusantara.

“Kedepanya akan kita kemas, acara-acara semacam ini yang akan melibatkan masyarakat. Kita akan terus menjalin komunikasi dengan para peserta. Nantinya kita saling bertukar pikiran dan saling memberikan masukan untuk kedepanya wisata-wisata kearifan, lokal,budaya yang masih terus dilertarikan oleh setiap desa, tidak kalah menariknya dengan lokasi wisata lainya.

Reporter: Yons

Editor: Choiri

#festival budaya nusantara #sitondo

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply