Festival Ronjengan Dilestarikan Pelajar SMK 1 Panji Situbondo

363 views

KABARRAKYAT.ID – Untuk melestarikan tradisi dan budaya khas Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, SMK 1 Panji Situbondo menggelar Festival Ronjengan, yakni sebuah festival memukul alat tradisional dalam mengelola padi menjadi beras yang sering disebut lesung.

Menumbuk padi menggunakan alat terbuat dari kayu berbentuk seperti perahu berukuran kecil dengan panjang sekitar 2 meter, lebar 0,5 meter dan kedalaman sekitar 40 sentimeter ini dulunya merupakan wadah masyarakat berkumpul dan saling membantu, menyatukan warga dengan rasa ikhlas serta kerukunan sesama masyarakat.

Namun di era berkembangnya teknologi dan banyaknya alat penggiling padi yang canggih seperti sekarang ini, lesung dan alu sudah jarang ditemui. Bisa dibilang hampir punah dan langka.

“Dengan kondisi saat ini, kami dan siswa siswi SMK 1 Panji Situbondo tentu merasa prihatin. Dan digelarlah Festival Ronjeng agar tradisi masyarakat ini kembali lestari dan tumbuh kembali. Dapat mencipatkan kerukunan dan kebersamaan sesama masyarakat,” kata Kepala Sekolah SMK 1 Panji, Suprihartono, Kamis (2/5/2019) kemarin.

Festival Ronjengan dalam memperingati Hari Kartini dan Hardiknas 2019 ini digelar di halaman SMK 1 Panji Situbondo dengan diikuti oleh ratusan pelajar dari Kabupaten Situbondo, Bondowoso, Probolinggo, dan Banyuwangi. Tak hanya itu, ibu-ibu Darma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan untuk wilayah Bondowoso-Situbondo juga hadir.

“Melalui tradisi dan budaya yang ada seperti halnya Festival Ronjengan ini, diharapkan kerukunan masyarakat, maupun para siswa siswi kedepannya akan kembali terjalin,” kata Ketua Darma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan untuk wilayah Bondowoso-Situbondo, Lilik Sugiarti.

Reporter : Yono

Editor : Fattahur/Coi

banner 970x90









Loading...

#budaya loka situbondo #panji situbondo #ronjengan festival

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply