Sunday, August 16, 2020
Home BANYUWANGI Finalisasi Raperda Perubahan OPD Kabupaten Banyuwangi Ditunda

Finalisasi Raperda Perubahan OPD Kabupaten Banyuwangi Ditunda

Eksekutif Usulkan Damkar Menjadi Dinas Tersendiri

KABAR RAKYAT – Pansus I DPRD Banyuwangi menunda finalisasi pembahasan Raperda perubahan kedua Perda No. 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Banyuwangi.

Karena adanya usulan baru dari eksekutif terkait dengan wadah pemadam Kebakaran menjadi dinas tersendiri, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI No. 16 tahun 2020 tentang Pedoman Nomenklatur Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan propinsi dan kabupaten/kota.

“Finalisasi ditunda karena adanya surat masuk dari eksekutif maka kita tunda,“ ucap Ketua Pansus, Marifatul Kamilah,SH saat dikonfirmasi Kabar Rakyat, Senin (13/07/2020) di gedung DPRD Banyuwangi.

Marifatul Kamilah menyampaikan, dalam Permendagri No. 16 Tahun 2020 tersebut mengamanatkan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) harus sudah terbentuk satu tahun setelah diundangkan atau pada bulan Maret 2021 harus berdiri sendiri, tidak boleh menginduk pada SKPD lainnya.

“Dalam Permendagri diamanatkan pada bulan Maret 2021, Dinas Pemadam kebakaran di seluruh propinsi maupun kabupaten/kota harus sudah terbentuk di seluruh Indonesia,“ ucapnya.

[the_ad id=”29596″]

Menurutnya, pembahasan penambahan organisasi perangkat daerah atau Dinas pemadam kebakaran waktunya sudah tepat dilakukan sebelum pembahasan perubahan anggaran dan APBD Kabupaten Banyuwangi tahun 2021.

“Pembahasan perubahan OPD dengan adanya penambahan Dinas pemadam kebakaran sangat tepat dibahas sebelum pembahasan perubahan anggaran dan APBD tahun 2021, harapannya dinas ini diawal tahun 2021 sudah terbentuk,“ jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER