Rabu, November 25, 2020
Beranda JATIM BANYUWANGI Forum Pondok Bahagia Beber Penjualan Saham Tambang Emas di Hadapan DPRD Banyuwangi

Forum Pondok Bahagia Beber Penjualan Saham Tambang Emas di Hadapan DPRD Banyuwangi

REPORTERHariyadi

KABAR RAKYAT – Elemen masyarakat  yang tergabung dalam Forum Pondok Bahagia (FPD) menolak rencana penjualan saham Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kepada induk perusahaan tambang emas PT. MCG oleh sebagian wakil rakyat dan beberapa pihak.

Hal ini disampaikan ketua Forum Pondok Bahagia, Heru Pratista dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) atau hearing bersama lintas komisi DPRD Kabupaten Banyuwangi, Kamis (23/07/2020) di Ruang Khusus Gedung Wakil Rakyat.

Heru Pratista mengatakan, mewakili masyarakat Banyuwangi secara umum, Forum Pondok Bahagia ingin mempertanyakan urgensi dan argumentasi terkait dengan usulan pelepasan sebagian saham Pemkab Banyuwangi di MCG.

“ Perlu diingat saham tersebut merupakan investasi dan bentuk keikhlasan rakyat atas terganggunya habitat alam, sosial dan lingkungan selama operasi pertambangan berlangsung untuk kurun waktu yang panjang,“ ucap Heru Pratista.

Kemudian dalam penelitian yang dilakukan oleh FPD justru ditemukan kejanggalan dalam proses hibah saham di induk perusahaan tambang emas di Banyuwangi.

“ Waktu itu statement Bupati Banyuwangi kepada masyarakat bahwa pemkab menerima Golden Share atau saham istimewa sebesar 10 persen non dilusi, yang seharusnya kekal abadi dari seluruh modal PT MCG, namun temuan kami tidaklah benar,“ ucapnya.

Fakta yang terjadi saat ini, ucap Heru, saham Pemkab Banyuwangi di PT MCG semakin tergerus hingga angka 5,23 persen. Sehingga dalam beberapa tahun kedepan atau sampai berakhirnya operasi pertambangan saham Pemkab akan tersisa 2 persen bahkan bisa mencapai nol sekian persen.

“ Jika PT.MCG secara bertahan,terus menerus menambah nilai modal dasar dan modal yang disetor, dampak lain dari terdelusinya saham Pemkab, ada dampak kerugian materi dan non materi,“ jelasnya.

Secara materi Pemkab Banyuwangi mengalami opportunity loos atau hilangnya keuntungan sebesar 4,77 persen dan jika dikonversi nilainya hampir 1,4 triliun.Selanjutnya dampak non materi lainnya, Pemkab Banyuwangi kehilangan hak istimewanya diantara pemegang saham utama PT. MCG.

EDITORRichard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca