Gabungan Keamanan Bondowoso Menghalau Pengacau

184 views
banner 468x60)
Sispamkota Pemilu Bondowoso (1)

Foto” Latihan Sispamkota

KABARRAKYAT.ID – Gabungan petugas keamanan di Kabupaten Bondowoso, terdiri TNI/Polri, Dishub, Stpol PP dan Linmas, menghalau pengacau keamanan di depan Pendapa Bupati. Bahkan sempat terjadi dorong-dorongan massa dengan aparat.

Tentu aksi massa tersebut bukan demo sungguhan, tapi bagian dari Latihan Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota), dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Bondowoso.

Simulasi pengamanan Pemilu 2019 itu, dimulai sejak masa kampanye terbuka, hari tenang, pencoblosan hingga penghitungan surat suara.

Dalam masa kampanye, disetting ada keributan antara pendukung Paslon A dengan Paslon B, kemudian dilakukan pengamanan oleh personil keamanan Polres Bondowoso.

Baca juga:

Bahkan, tahapan demi tahapan pengamanan dilakukan dalam simulasi itu. Mulai penghadangan massa, peleraian, hingga penyemprotan gas air mata kepada massa yang jumlahnya cukup besar.

Simulasi yang berlangsung di depan Pendapa Bupati, Senin (1/4/2019), dihadiri dan disaksikan oleh Bupati Salwa Arifin, Wakil Bupati Irwan Bachtiar, Ketua DPRD H Tohari, Dandim 0822 Tarmudji, Febriansyah Kapolres Bondowoso, Forkopimda dan seluruh OPD.

Bupati Salwa Arifin, yang turut hadir menyaksikan simulasi itu, berharap Bondowoso dalam pesta demokrasi 17 April mendatang bisa kondusif.

Sispamkota Pemilu Bondowoso ,(3)

Foto: Forkopmda Bondowoso menyaksikan Sispamkota

Walaupun tadi saat simulasi digambarkan Bondowoso tidak aman, namun pihaknya berharap itu hanya terjadi saat simulasi saja.

“Mudah-mudahan apa yang digambarkan tidak terjadi di Bondowoso,” harap orang nomer satu di Kabupaten Bondowoso itu. Sementara Kapolres Bondowoso, AKBP Febriansyah, memaparkan, dalam simulasi tersebut, turut melibatkan TNI, Pemkab Bondowoso, Linmas dan Pol PP.

Adapun untuk pengamanan pada 17 April mendatang pihaknya menyiapkan sebanyak 500 personel.

“Kurang lebih 500, itu dari TNI, Polri, Pemerintahan daerah. Titik rawan di Bondowoso untuk sementara tidak ada, mudah-mudahan tidak ada,” ujarnya.

Ia menerangkan bahwa simulasi ini dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan Polres Bondowoso dan seluruh tim gabungan dalam mengahadapi Pemilu 2019. Selain itu, agar personil yang terlibat dapat memahami tugas pokok dan fungsi serta peran masing-masing.

Reporter : Ifa

Editor : Choiri

banner 468x60)

#Pemilu 2019 #sispamkota Bondowoso

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply