Gandeng Jurnalis Walikota Berikhtiar Kembalikan Kejayaan Anggur Probolinggo

  • Whatsapp
Budidaya buah anggur Probolinggo
Wali Kota Probolinggo, Habib Zainal Abidin bersama Jurnalis menanam buah anggur.

KabarRakyat.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo, Jawa Timur mencoba mengembalikan kejayaan buah anggur sebagai icon Kota Probolinggo. Untuk merealisasikan itu, Walikota Probolinggo, Habib Zainal Abidin menggandeng jurnalis Probolinggo untuk berpatisipasi menanam buah anggur.

Baru-baru ini Walikota Probolinggo kembali berniat budidaya anggur khas Probolinggo yang sudah punah. Melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, DPUPR budidaya buah anggur kembali digarap untuk mengembalikan kota Probolinggo sebagai sentra anggur. Niatan Pemkot Probolinggo  ini memiliki latarbelakang yang kuat menilik sejarah era 80 lalu dimana buah anggur khas Probolinggo  cukup terkenal. Saking terkenalnya buah anggur asal Probolinggo, menjadi wajib untuk membeli ketika berada di kota ini.

Walikota Probolinggo Habib Zainal Abidin berharap dengan kembali mempopulerkan buah anggur sebagai destinasi oleh-oleh khas  yang dulu sangat terkenal selain buah mangga. Untuk merealisasikan niatan itu Jurnalis Probolinggo raya menginisiasi proyek penanaman buah anggur harus segera dieksekusi sebagai icon kota Probolinggo. Memanfaatkan moment Hari Pers Nasional(HPN) ke 74 tahun 2020 wartawan Probolinggo berharap program terintegrasi, tidak hanya Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup yang bekerja namun, perlu dukungan OPD terkait. Program budidaya buah anggur harus berkelanjutan hingga proses produksi, pemasaran produk anggur khas Probolinggo.

Pelaksana HPN  program Penanaman pohon Anggur Hisbullah Huda mengatakan, untuk mengembalikan buah anggur sebagai icon Probolinggo perlu koordinasi kuat, persamaan persepsi dan terintegrasi di organisasi pemerintah daerah Kota Probolinggo.

” Dengan program yang terintegrasi dan berkelanjutan buah anggur akan kembali menjadi destinasi andalan kota Probolinggo. Mulai proses budidaya, produksi dan pemasaran bahkan promosi ditangani dengan profesional. Dengan begitu nilai tambah bisa dirasakan masyarakat Kota Probolinggo”, kata Hisbullah Huda, melaporkan gerakan menanam pohon anggur dihadapan Walikota Probolinggo, Senin (17/2/2020).

Bak gayung bersambut, Walikota Probolinggo Habib Zainal Abidin kian bersemangat mendorong budidaya tanam anggur. Pemkot berterimakasih kepada awak jurnalis yang mendorong buah anggur sebagai icon khas Kota Probolinggo.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dijadikan momentum kebersamaan pers dengan pemerintahan untuk memajukan Kota Probolinggo. Program penanaman pohon anggur akan kita dorong untuk penguatan sektor ekonomi masyarakat. Disis lain, produksi anggur akan mengembalikan icon Kota Probolinggo yang sempat hilang. Pohon anggur  juga bagus untuk ruang kawasan hijau perkotaan”, kata Habib Hadi dihadapan jurnalis dan Forkopinda Kota Probolinggo.

Usai memberikan sambutan singkat Walikota langsung menanam anggur diikuti  oleh Forkopinda mulai Kapolres Probolinggo Kota, Dandim 0820, Pejabat Pemkot, MUI, Sat Pol PP bersama wartawan di depan Kantor Pemkot Probolinggo.

Habib Hadi Zainal mengapresiasi gerakan teman-teman media yang ikut serta mensukseskan program pemerintah, yaitu, menjaga, mengembangkan, dan melestarikan ikon kota Probolinggo ini.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *