Gebyar Kopi Trenggalek, Ikhtiar Dinas Pertanian Dorong Ekonomi Petani Kopi

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Upaya dorong peningkatan ekonomi para petani kopi dan pelaku manual brewing. Dinas Pertanian Pangan Kabupaten Trenggalek gelar event Gebyar Kopi bertempat di lapangan bola voly Jwalita.

Ir Didik Susanto Kepala Dinas Pertanian Pangan mengatakan event gebyar kopi kali ini dirancang khusus untuk kenalkan kopi kwalitas terbaik asli Trenggalek, (17/12).

“Event ini ada lomba yang pesertanya khusus warga Trenggalek. Pertama lomba cita rasa menu kopi diikuti 19 orang petani. Kedua, lomba manual brewing yang diikuti 24 orang peserta,” jelas Didik.

Didik menjelaskan lomba yang pertama untuk mengapresiasi petani dan lomba yang kedua untuk mengapresiasi peracik kopi.

“Untuk hasilkan produksi kopi terbaik khas Trenggalek perlu tahapan. Mulai dari pengolahan tanah, pemilihan varietas, perawatan, panen dan penanganan pasca panen, yaitu sangrai,” jelas Didik.

“Sudah banyak kedai kopi baru yang menawarkan berbagai cita rasa kopi. Berbeda cara penyajian, maka akan berbeda pula rasa kopi yang dihasilkan,” jelas Didik lebih lanjut.

Harapan dari Dinas Pertanian dan Pangan akan mendorong produk kopi menjadi produk unggulan daerah. “Geografis Trenggalek berada diketinggian 800 mdl dan sangat cocok untuk hasilkan kopi terbaik.

Dalam even ini, ditutup penyerahan hadiah oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin kepada para pemenang. Sedang pemenang kopi terbaik adalah kopi dari wilayah seputaran Gunung Sengungklung Desa Sumberbening Kecamatan Dongko.*

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *