Monday, September 21, 2020
Home BERITA Gelombang Mudik Lebaran Rute Madura Terlihat

Gelombang Mudik Lebaran Rute Madura Terlihat

- Advertisement -

Pemudik tujuan Madura bermalam di Pelabuhan Jangkar, Situbondo

KABARRAKYAT.ID, SITUBONDO – Perantau Madura disejumlah kota/kabupaten dari dalam maupun luar provinsi Jawa Timur terus berdatangan di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, berniat ingin kumpul dengan keluarga saat lebaran. Mereka rela antri beli tiket kapal motor penyebrangan (KMP) jenis roro maupun ferry, meski terpaksa harus bermalam di pelabuhan tersebut, Senin (4/6/2018).

Mereka datang dengan mobil maupun sepeda motor dan angkutan umum dari daerh asal perantauannya di Bali, NTT maupun NTB. Mereka terpaksa bermalam, sembari nunggu jadwal keberangkatan kapal di Pelabuhan Jangkar, yang dijadwalkan akan berangkat besok, Selasa (5/6/2018).

“Pemudik tujuan sejumlah kabupaten dan pulau di Madura ini, kami arahkan bermalam di aula ruang tunggu pelabuhan jangkar,” kata petugas Pelabuhan Jangkar yang sedang piket.

Para pemudik itu, kebanyakan mengaku rindu kampung halaman dan memilih pulang lebih awal untuk bertemu dengan sanak keluarnya. Tujuan pulang lebih awal, untuk menghindari membludaknya penumpang. “Terkadang, sampai menunggu antrean tiket hingga berhari-hari,” beber Mu’adzin  seorang penumpang.

Baca juga : Pemudik Madura Datangi Pelabuhan Tradisional Jangkar

Puluhan pemudik itu, kebanyakan berkelompok dan mengaku masih satu kerabat dan keluarga. Sejak malam tadi dan hari ini, peningkatan pemudik di Pelabuhan Jangkar terus datang, meski belum terlihat meningkat drastis. Pihak Pelabuhan Jangkar memprediksi pemudik asal Madura itu, akan meningkat drastis sekira tanggal 9-10 Juni 2018..

Dijelaskan oleh Khoirul Anwar, Kepala Cabang PT. Darma Dwipa Utama, pada tanggal 10 Juni 2018, adalah jadwal perdana keberangatan layanan kapal cepat gratis, dari Dinas Perhubungan dan LLAJ Provinsi Jawa Timur dengan jadwal keberangkatan 5 trip saat arus mudik.

Selain adanya penambahan armada kapal gratis, otoritas pelabuhan, menambah trip keberangkatan dua kapal roro,selain penambahan trip keberangkatan,kapal roro,juga akan menambah rute, yang seharusnya rute Pelabuhan Jangkar-Kalingat, Jangkar-Podai, Jangkar-Sepudi, singgah ke pulau Raas, akan ditambah disetiap  keberangkatan kapal roro. Karena penumpang terbanyak adalah pemudik asal dari Pulau Raas, dan Sepudi. Sementara trip keberangkatan, Pelabuhan Jangkar-Kalianget, masih tetap seperti hari biasa.

Harapannya, dengan adanya penambahan trip keberangkatan kapal menuju rute-rute tersebut penumpukan penumpang di Pelabuhan Jangkar, Situbondo dapat terurai.

Reporter : Yons

Editor : Coi/Choiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER