Sunday, September 27, 2020
Home EKONOMI Gronjong Organik Tehnik Daur ulang Sampah Ramah Multi Guna.

Gronjong Organik Tehnik Daur ulang Sampah Ramah Multi Guna.

REPORTERYusuf
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Mengatasi masalah sampah sudah banyak dilakukan dengan berbagai cara dan tehnik.

Namun bicara masalah sampah tidak ada habisnya sampai saat ini, baik terkait masalah lingkungan maupun perilaku terhadap sampah itu sendiri.

Utamanya di kawasan padat penduduk, perumahan, pasar dan daerah perkotaan lainya.

Meski pemerintah telah membuat Tempat penampungan Akhir ( TPA) sampah dimasing masing daerah, hal itu belum bisa mengatasi masalah sampah secara maksimal dan tetap selalu menjadi polemik di masyarakat.

Rumah tangga adalah salah satu penghasil sampah yang mempunyai andil besar dalam hal ini. Namun satu langkah yang dilakukan Dadak Subroto warga Jalan Panjaitan Gg. 8 Nomor 18 Jember patut ditiru untuk diaplikasikan luas utamanya mengatasi masalah sampah keluarga.

Gronjong Sampah Tehnologi sederhana dan ramah lingkungan digagas lnta sejak 2 bulan Lalu

” Gronjong sampah ini tehniknya sederhana mas, Kita bisa bikin wadah dari bambu atau kayu, bisa juga pakai gronjong ram kawat atau besi ataupun tong yang di lubangi ” ungkap Dadak 41 tahun.

Tehnik Gronjong yang diaplikasikan Dadak Ini memang cukup sederhana dan murah dan banyak manfaat. Pasalnya selain menjadi tempat atau wadah sampah untuk di olah organik namun juga sebagai sumber pangan ternak utamanya ayam kampung yang dipeliharanya.

“Kita pakai gronjong atau wadah tong atau sejenisnya kita lubangi, selain berfungsi agar gas metan hasil fermentasi tetap bebas. Selain itu berfungsi sebagai tempat jatuhnya biji bijian atau lainya bisa jatuh sebagai bahan oakan ayam,” tambahnya.

Dengan tehnik gronjong yang dimanfaatkan terpadu p dadak mengaku mampu menghasilkan Pupuk organik yang bisa mensuport sebagian kebutuhan pupuk tanaman bunga dikiosnya dan hanya dengan menggunakan Air Leri (air bekas cucian Beras).

“‘Semua yang saya gunakan dengan alat dan bahan bekas yang ada dan hasilnya saya gunakan memupuk tanaman hias di kios saya dan hadilnya lumayan bagus,Selain Ramah saya bisa produksi murah untuk kebutuhan sendiri ” pungkas bapak tiga anak ini.

Dari tehnik Gronjong setelah dicoba dua bulan Lalu P.dadak sudah tidak kebingungan lagi membuang sampah,baik sampah keluarga maupun sampah yang dihasilkan kebun kios tanaman hiasnya.

Bahkan tehnik ini berusaha diajarkan dilingkungan warga sekitar perumahanya dan Beliau berharap bisa dikembangkan secara luas oleh masyarakat agar masalah sampah.

Yang menjadi prolem di lingkungan padat penduduk bisa diatasi secara arif,ramah sekaligus menjadi sumber ekonomi bila dilakukan dengan benar.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER