Sunday, August 16, 2020
Home EKONOMI Gubernur Khofifah Ajak Ormas Wanita Kembangkan Ketahanan Pangan Nasional

Gubernur Khofifah Ajak Ormas Wanita Kembangkan Ketahanan Pangan Nasional

KABAR RAKYAT  – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh ormas perempuan  untuk ikut menjaga ketahanan pangan nasional.

Hal ini  guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya krisis pangan dunia. Dimana kemungkinan tersebut sudah menjadi pembahasan di tingkat internasional.

Gubernur Khofifah, mengampaikan mulai lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB,  FAO dan Presiden RI, Joko Widodo sudah mengingatkan terjadinya kemungkinan krisis pangan dunia.

“Hari ini beberapa negara pengekspor beras  sudah menghentikan sementara ekspornya , mereka ingin mengamankan stok pangan untuk negaranya masing-masing. Maka, kita juga harus memperkuat ketahanan pangan kita,” kata Gubernur Khofifah menjadi pembicara webinar series Muslimat NU, Senin (13/7).

Gubernur Khofifah mengatakan, ikhtiar untuk menjaga ketahanan pangan nasional bisa dimulai dari rumah masing-masing, dan jika dimungkinkan juga bisa mengajak tetangga di lingkungan sekitar.

Diantaranya, menanam jenis tanaman mpon-mpon, cabe, tomat, dan sayur-sayuran melalui media polybag di pekarangan rumah serta pola hydroponic  yang relatif bisa dilakukan di lahan yang tidak terlalu luas.

[the_ad id=”29596″]

“Yang harus kita lakukan adalah format kemandirian dengan berbasis rumah tangga. Jadi Muslimat NU dan ormas wanita lainnya serta elemen masyarakat bisa menyiapkan panduan untuk membangun ketahanan pangan mulai dari hidroponik sederhana di lingkungan lahan yang terbatas, kemudian polybag, sampai di media vas atau pot yang besar, karena bisa diisi macam-macam tanaman,” katanya.

Khofifah juga  menambahkan, selain menanam sayur-sayuran dan buah-buahan, lahan pekarangan rumah juga bisa dijadikan tempat untuk budidaya berbagai jenis ikan  seperti ikan nila, mujair,  lele dan udang. Yakni dengan cara membuat kolam kecil, atau memanfaatkan media yang sudah ada.

Gubernur Khofifah menceritakan pengalaman, sudah melihat ternak lele yang dilakukan di dalam tong, seperti di Tulungagung. Kemudian sabtu lalu, diajak memanen udang vaname di kolam edukasi Puspenerbal di Juanda, Sidoarjo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER