Gubernur Khofifah dan Bupati Probolinggo Bahas Wisata Kesehatan Di Bromo

  • Whatsapp
Gubernur dan Bupati Probolinggo di Bromo
Gubernur Khofifah berkuda di lautan pasir gunung Bromo

KabarRakyat.ID – Dukungan pengembangan bisnis Pariwisata di Jawa Timur kian masif, melalui pengembangan infrakstrutur jalan tol dan pengembangan pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. Keseriusan Gubernur Jawa Timur dan Bupati Probolinggo diungkapkan dalam pertemuan di zona pengembangan wisata gunung Bromo,Sabtu (15/2/2020).

Udara segar dan pemandangan luas kawasan lautan pasir di gunung Bromo dimanfaatkan oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Probolinggo Tantriana Sari,SE untuk berkuda bersama. Kedua pejabat itu nampak akrab dan enjoy menikmati wisata terindah di Indonesia. Sesekali keduanya nampak serius berbincang. Bisa jadi membahas pengembangan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Read More

Pemerintah Propinsi Jawa Timur memang telah mengusulkan Bromo sebagai kawasan Bali kedua, bisnis pariwisata nasional. Dan proyek ini telah disetujui pemerintahan Jokowi. Melalui Perpres no.80 tahun 2019 dimana model penganggaran proyek senilai Rp. 9 trilyun.

Keseriusan itu ditandai dengan kunjungan gubernur Khofifah di pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo dan dilanjutkan menuju Seruni Poin di gunung Bromo.

” Pelabuhan Probolinggo akan dijadikan konektor kawasan wisata unggulan di Probolinggo khususnya Bromo yang selama ini memberikan kontribusi besar pariwisata Jawa Timur dan Nasional” kata Khofifah, kemarin.

Peningkatan kapasitas pelabuhan Tanjung Tembaga untuk bersandarnya kapal pesiar diharapkan meningkatkan arus turis manca negara berkunjung ke Probolinggo. Seperti kawasan Benoa di Bali atau Labuan Bajo di Mangarai Flores NTT.

” Selain jalan tol pelabuhan Probolinggo jadi konektor menuju kawasan baru pengembangan wisata di gunung Bromo dan sekitarnya”, ungkap Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Probolinggo Tantriana Sari di Bromo, Sabtu (15/2/2020).

Yang menarik Gubernur berharap kawasan Bromo tidak saja menyajikan keindahan panorma alam, budaya Tengger. Namun menjadi kawasan wisata kesehatan, bebas emisi gas buang kendaraan. Seperti pulau Giliyang,Kabupaten sumenep,yang memiliki kadungan oksigen terbaik kedua di dunia dibawah lokasi wisata Yordania, pintanya.

Terkait pengembangan wisata Bromo Bupati Tantriansa Sari, berharap tidak hanya infrastruturnya namun perlu penguatan kapasitas masyarakat dan jasa wisata di Probolinggo. ” Jika infrastrukan sudah baik maka perlu juga dukungan peningkatan kapasita SDM. Dengan begitu percepatan bisnis pariwisata benar-bemar berjalan”, kata Tantriana Sari.

Bupati berharap banyak proyek pengembangan kawasan Bromo, akan mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan barat kabupaten Probolinggo lebih cepat.

Kegiatan kunjungan gubernur Jawa Timur berdialok dengan pemanggu adat Tengger, pelaku Jasa Wisata termasuk meminta dukungan bupati Probolinggo agar proyek Bali Dua  Jawa Timur bisa segera direalisasikan tepat waktu.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *