Rabu, Januari 20, 2021
Beranda BERITA UTAMA Guguran Lava Pijar Semeru Sampai Dam Besuk Koboan Warga Diminta Mengungsi

Guguran Lava Pijar Semeru Sampai Dam Besuk Koboan Warga Diminta Mengungsi

REPORTERRichard

Bupati Lumajang Thoriqul Haq meninjau lokasi erupsi gunung Semeru,Selasa (1/12/2020)

KABAR RAKYAT – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi. Sejak Selasa tanggal 01 Desember 2020 Pukul 01.23 WIB Bertempat di Pos KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung api Semeru alamat Gunung Sawur Ds. Kajar Kuning Desa Sumberwuluh Kec. Candipuro melaporkan telah terjadi dan teramati awan panas guguran jarak luncur 2000 Meter kearah Besuk Koboan. Aktifitas Semeru ini terekam di Sismograf amak 20 mm lahar gempa sedang berlangsung.

Dalam rilisnya PVMBG aktifitas vulkanik teramati sejak Senin malam hingga Selasa dini hari. Pada pukul 23.30 WIB Visual CCTV Semeru ( 3676 MDPL ) teramati jelas.Visual malam gunung Semeru jelas teramati guguran lava pijar dari ujung lidah lava sejauh Kl 1000 Meter kearah besuk Koboan ( Ujung lidah lava 500 Meter dari puncak ).

Pada Pukul 01.23 WIB, terjadi guguran awan panas jarak luncur 2000 -4000 Meter ke arah Besuk Koboan terekam di Sismograf amak 20 mm lahar gempa sedang berlangsung. Bahkan guguran lava panas sampai pada lokasi penambangan pasir menyebabkan 6 evakator terendam lava panas.

Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui BPBD meminta masyarakat di lokasi untuk mengungsi sementara karena ancaman guguran lava panas gunung Semeru dimungkinkan masih terjadi.

Masyarakat Dsn. Curah Koboan Desa Supiturang dan Rowobaung Desa Oro-oro Ombo Kec. Pronojiwo dan Dsn.Kajar Kuning Ds. Sumberwuluh Kec. Candipuro segera keluar rumah karena potensi lahar panas terjadi apabila turun hujan.

Wawan Hadi Siswoyo, Kabid PKL Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang membenarkan telah terjadi letusan pada gunung semeru.

“Ia benar telah terjadi letusan yang ditandai peningkatan aktivitas Semeru,” ungkapnya,Selasa (1/12/2020).Terkait erupsi gunung Semeru Bupati Lumajang Thoriqul Haq langsung melakukan pemantau di pos pantau Semeru.

” Ada letusan dilaporkan sejak pukul 01.23 dan lavanya sampai Besuk Koboan lokasi penambangan pasir. Kami meminta warga untuk mengungsi khususnya yang terdekat dengan guguran lava pijar dan itu sudah diupayakan oleh BPBD Kabupaten Lumajang,” terangnya.

 

EDITORChoiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca