Guide Wisata Beralih Jadi Peternak Kelinci Pasca Destinasi Ditutup Karena Corona

  • Whatsapp
Ali profesi, ternak kelinci hias milik Ahmad Irawan.

KABAR RAKYAT – Profesi Guide atau pemandu wisata adalah profesi yang sangat menjadi kebanggaan anak muda Banyuwangi seiringi pesatnya pertumbuhan wisata 10 tahun terakhir.

Harus diakui, sektor pariwisata di Banyuwangi sangat pesat mendongkrak sektor sosial ekonomi masyarakat. Bahkan jadi program unggulan pengembangan ekonomi kreatif di Banyuwangi, Jawa Timur yang berjulukan Sunrise of Java.

Read More

Terdongkraknya sektor wisata, juga karena pelaku wisata juga mulai menjadi profesional sejak dibina pemerintah daerah. Karena peran Guide wisata dan asisten trainer outbond pelecut promosikan unggulan wisata adventure Pinus Camp Sumberbulu, Songgon.

Berikut cerita Guide bernama Ahmad Irawan, pemuda umur 27 tahun asal Dusun Sumberagung, Desa Sumberbulu, Kec. Songgon.

Guide Ahmad Irawan

Ia menceritakan, sudah 5 tahun lamanya aktif menjalani profesi Guide sekaligus sebagai Asisten Trainer Outbond bersertifikat.

Begitu semangat melihat perkembangan usaha pariwisata dan bertumbuhnya destinasi dan fasilitas yang berstandart internasional membuat Ahmad Irawan semakin mengasah kemampuan sebagai guide dan fasilitator outbound.

Diakui, sektor wisata bangkit di bahwa kepemimpinan Bupati Abdullah Azwar Anas. Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang menggunakan jasa tour travel membuat Ahmad Irawan sering digunakan jasanya baik Guide dan Fasilitator Outbond.

Namun semua tiada yang mempridiksi sebelumnya sejak mulai awal Maret pandemi global Covid-19 menghancur semua usaha usaha yang melarang mengundang kosentrasi massa. Pukulan telak pelaku usaha pariwisata, termasuk profesi yang ditekuni Ahmad Irawan. Untuk bertahan hidup, Ia harus memutar otak agar tetap bisa bekerja dan ada pendapatan.

Guide Ahmad Irawan

Irawan, berusaha mengembangkan hobby lama sampingan dengan beternak kelinci di masa pandemi ini. Yang sebelumnya dijadikan hiburan semata saat kosong jadi guide ataupun fasilator.



Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *