Jumat, November 27, 2020
Beranda ADVERTORIAL Guna Menghadapi Bencana Alam ” Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar Gelar Apel Siaga...

Guna Menghadapi Bencana Alam ” Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar Gelar Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi

REPORTERArif/Humas

KABAR RAKYAT – Guna menghadapi bencana alam di wilayah kota blitar, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar menggelar Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi di alon-alon kota blitar, selasa (17/11/2020).

Apel diikuti oleh jajaran Tni, Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Pemadam Kebakaran, Pmi Dan Badan Kesatuan Bangsa Politik Dan Penanggulangan Bencana Daerah (Bakesbangpol Dan Pbd) Kota Blitar.

Sejumlah kendaraan dikerahkan, seperti pemadam kebakaran, ambulance, mobil siaga bencana serta mobil dapur umum. Termasuk beberapa peralatan tanggap bencana seperti perahu karet, tenda darurat,gergaji mesin, peralatan selam dan juga peralatan lainya untuk mendukung dalam penanggulangan bencana.

Pjs Walikota Jumadi mengatakan, Apel gabungan di lakukan sebagai langkah antisipasi untuk menindaklanjuti analisis data dari Badan Meteorologi Dan Geofisika yang menyebutkan bahwa memasuki November anomali suhu laut mengakibatkan intensitas curah hujan akan cenderung tinggi.

Adanya Warning itu, Pemerintah Kota Blitar mulai mempersiapkan segalanya. mulai mitigasi, simulasi pra bencana, bencana hingga pasca bencana. Hal itu perlu di lakukan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

“ Kita persiapkan segalanya, Terlebih saat ini.memasuki musim penghujan saat ini bencana banjir, tanah longsor atau angin puting beliung bisa saja terjadi.”terangnya

Dengan adanya Dalam kesempatan ini, Jumadi mengajak warga masyarakat kota blitar agar peduli terhadap lingkungan. Utamanya dengan menjaga kebersihan di lingkungannya. Sebab, datangnya musim penghujan, ada empat kelurahan yang wajib di waspadai. Karena di kategorikan rawan bencana alam.seperti longsor.

Pjs Walikota Blitar Jumadi meninjau langsung kesiapan jajaran dalam tanggap bencana dalam  Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi di alon-alon kota blitar, selasa (17/11/2020).
Pjs Walikota Blitar Jumadi meninjau langsung kesiapan jajaran dalam tanggap bencana dalam Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi di alon-alon kota blitar, selasa (17/11/2020).

“Empat kelurahan itu meliputi, Kelurahan Sentul, Tanggung,Kepanjenlor Serta Sukorejo.Pasalnya , empat wilayah tersebut berada didalam bantaran sungai lahar.” Jelasnya.

Masih kata Jumadi, Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi di harapkan akan mampu meminimalisir terjadinya bencana dan korban bencana alam.

“Pemerintah daerah ingin menjamin masyarakat kota blitar khususnya tidak khawatir serta merasa aman dan tenang saat menjalankan aktifitasnya di saat cuaca ekstrim seperti saat ini,”Imbuhnya.

Seusai apel bersama, Pjs Walikota Blitar Jumadi meninjau langsung kesiapan jajaran dalam tanggap bencana. Antara lain persiapan perlengkapan peralatan untuk menanggulangi bencana yang terjadi.

“Peralatan sudah lengkap. semuanya dapat berfungsi dengan baik seperti gergaji bila ada pohon tumbang dan pompa air bila ada banjir,” Pungkas Jumadi.

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca