Gunung Raung Erupsi Kunjungan Wisatawan di Destinasi Cluster Songgon Menurun

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Erupsi Gunung Raung sepekan terakhir membuat kunjungan wisatawan mengalami penurunan, seperti menimpa beberapa destinasi wisata di daerah Kaki Raung masuk Kecamatan Songgon Banyuwangi.

Kaki Gunung Raung meliputi wilayah desa, antara lain: Songgon, Sumberbulu dan Sumberarum. Yang notabene beberapa desa tersebut punya icon destinasi unggulan masing- masing.

Penurunan itu diungkapkan oleh Khoirul Anam salah satu pengelola Air Terjun Timcor (Kembar Arum), mengatakan, “sejak erupsi di Gunung raung sepekan terakhir memang berpengaruh pada kunjungan wisata air terjun ini, pendapatan sampai menurun 35 persen”.

Khoirul menambahkan saat mulai masa pandemi memang ada pembatasan kunjungan 50 persen dari kuota.

“Hari ini menurun 35 persen biasanya kunjungan kita batasi maksimal 100 orang setiap hari. Namun dengan peristiwa gunung raung sepekan ini kuota 50 persen pembatasan juga ikut menurun,” tambah Khoirul dilokasi wisata.

Senada disampaikan pengelola destinasi Green Gumuk Candi bernama Dani juga Pengelola Air Terjun Telunjuk Raung Sugeng Setiawan. Mereka mengaku, rata – rata kunjungan menurun sampai 30 persen seluruh destinasi wilayah Songgon.

Sementara Kepala Pos Pengamatan Gunung Api PPGA Raung, melalui stafnya Burha A.A.Md, Sabtu (23/1/2021), menjelaskan jika erupsi Gunung Raung tidak hanya asap saja, tapi sudah mulai mengeluarkan abu vulkanik.

“Sejak pagi antara 3 sampai 5 menit sekali Gunung Raung mengeluarkan asap dan abu vulkanik dengan ketinggian 200-500 meter. Sedang Gempa tremor juga mengalami peningkatan setiap 3 sampai 10 menit,” ujar Burham di Pos Pengamatan Gunung Raung.

Burham juga menghimbau pada masyarakat seputar kaki raung antisipasi mandiri dengan radius minimal 2 km dari puncak raung.

” Meski masih waspada kami berharap masyarakat juga ikut peduli atas keselamatan bersama dengan cara menjaga jarak 2 km dari puncak. Meski sementara erupsi yang terjadi ringan dan kepulan asap mengarah ke Barat Daya atau arah wilayah Bondowoso,” pungkasnya.***

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *