Harga Daging Naik, Dinas Peternakan Awasi Pasar Tongas

373 views

Foto : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sidak ke pasar Tongas Probolinggo, untuk mengantisipasi kenaikan harga daging jelang akhir tahun 2018, Senin(17/12/2018).

KABARRAKYAT.ID – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo melakukan pengawasan dan pendataan bahan pangan asal hewan di pasar menjelang tahun baru. Pengawasan dan pendataan itu dimaksudkan untuk memastikan daging dalam kondisi sehat dan layak konsumsi.

Petugas petugas DPKH Kabupaten Probolinggo melakukan sidak di pasar Bayeman Kecamatan Tongas, Senin (17/12/2018). Mereka tidak saja melihat daging yang beredar di pasar namun memastikan daging tersebut berasal dari rumah potong hewan yang telah terdaftar.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Endang Sri Wahyuni melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Nikolas Nuryulianto mengatakan, pengawasan kali ini juga difokuskan terhadap pencampuran daging sapi dengan daging lain.

“Kegiatan ini bagian dari fungsinpengawasan dan pembinaan dengan para pemilik kios daging maupun penjual bahan pangan asal hewan di pasar tradisional, khususnya Pasar Bayeman,” kata Nikolas.

Baca juga:

Nikolas memaparkan selain kegiatan pengawasan, DPKH juga mensosialisasikan Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2012 Tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan (Kesmavet dan Kesrawan), khususnya pasal 3 (tiga) ayat 1 yang menyebutkan kesehatan masyarakat veteriner meliputi penjaminan higiene dan sanitasi, penjaminan produk hewan serta pengendalian dan penanggulangan zoonosis.

Jelang penghujung tahun 2018 harga daging disejumlah pasar tradional di kabupaten Probolinggo cenderung merangkak naik,Senin(17/12/2018).

Dari hasil pengawasan dan pendataan bahan pangan asal hewan di Pasar Bayeman ini terang Nikolas, diketahui harga daging kambing naik Rp 10.000 menjadi Rp 110.000 per kg dari harga awal Rp100.000 per kg.

Sementara harga daging ayam berkisar Rp 36.000 per kg dari harga sebelumnya Rp 32.000 per kg. Untuk harga daging sapi Rp 100.000 per kg dari harga Rp 95.000 per kg.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

Banner PDI







Loading...

#Harga daging #Sidak pasar jelang tahun baru #DPKH Kabupaten Probolinggo #Pemkab Probolinggo

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply