HSN 2021, Forsi Banyuwangi Gelar ‘Edutrip & Clean Up’ di Lider

  • Whatsapp

Meunju Ari Terjun Lider

KABAR RAKYAT – Beragam acara pegiat Lingkungan dalam memperingati Hari Sampah Nasional (HSN) tahun 2021. Seperti dilakukan para pegiat lingkungan dari sejumlah organisasi, bergabung dalam Forum Aksi (Forsi) Banyuwangi.

Kegiatan edukasi dan bersih-bersih sampah di sungai, terbagi di dua titik kegiatan, yaitu Dusun Bedjong dan Kawasan Aliran Sungai Air terjun Lider dan Dusun Dani, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi pada, Minggu (21/2/2021).

Bacaan Lainnya

Kegiatan dihadiri unsur komunitas dan organisasi lingkungan serta Forpimpka Kecamatan Songgon Banyuwangi.

Ahmad Muzaqi, Ketua Panitia Kegiatan mengatakan, kegiatan ini agenda keempat digelar Forsi Banyuwangi, bertujuan dalam upaya menjaga alam tetap bersih serta melestarikan lingkungan Bumi Blambangan di bagian Barat.

Arahan Camat Songgon Banyuwangi kepada peserta peringatan HSN 2021.

Dijelaskan, Ahmad Muzaqi, Forsi ini merupakan gabungan dari banyak organisasi yang peduli lingkungan. Sekitar 20 lebih organisasi, ikut agenda bersih-bersih sampah dalam rangka Hari Sampah Nasional 2021.

Muzaki sapaan akrabnya, menambahkan, acara ini melibatkan peserta tidak hanya dari Banyuwangi saja. Melain dari berbagai perwakilan mahasiswa perguruan tinggi Indonesia, pelaku wisata serta Ormas.

“Banyak organisasi sekolah, Ormas, pelaku Wisata Songgon, serta perwakilan organisasi mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi luar kota yang ikut serta dalam acara ini,” tambahnya

Muzaki menuturkan kegiatan di kawasan wisata Air Terjun Lider, merupakan bagian kegiatan Rutin Bulanan, Forsi Banyuwangi. Tujuan utama Forsi, mengkampanyekan pentingnya pelestarian alam dan menjaga alam bebas dari sampah plastik.

“Kegiatan seperti ini bagian kegiatan rutin bulanan Forsi, secara berkelanjutan. Kami Kampanyekan Pelestarian lingkungan dan peduli sampah. Ini bukan hanya masalah bersih-bersih sampah, namun ada juga tanam pohon, edukasi lingkungan, dan pemahaman tentang pengolahan sampah dengan baik dan benar bagi masyarakat di tempat berbeda,” ujarnya.

Menikmati alam bebas sambil bersih-bersih sampah.

Dalam kesempatan ini, Camat Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Kunto Prastawa SH.MM yang berkesempatan membuka kegiatan ini memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh peserta. Edukasi menurutnya, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam perlu untuk terus dilakukan secara berkesinambungan baik di kawasan wisata alam maupun dilingkungan umum.

“Saya harap masyarakat Banyuwangi dan wisatawan utamanya di kawasa Air Terjun Lider ini bisa sadar akan dampak dari membuang sampah sembarangan. Menjaga Alam tetap bersih dan Lestari. ketika kita bersama kampanye ini lingkungan kita akan tetap lestari serta aman dari bencana,” cetusnya.

Kegiatan Forsi Banyuwangi dalam rangka HSN 2021, bertajuk “Edutrip & Clean Up” dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (Yusuf S/Coi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *