Hujan Lima Jam Sungai Gending Meluap Jalur Patura Terendam

  • Whatsapp
IMG_20200222_224943
Kondisi jalur pantura Gending, Probolinggo terendam luapan sungai, Sabtu malam (22/2/2020)

KabarRakyat.ID – Hujan deras yang berlangsung sejak pukul 13.00 hingga pukul 18.00 menyebabkan debet sungai Gending, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo muleber hingga jalur utama Pantura Probolinggo – Situbondo,Sabtu (22/2/2020).

Luapan sungai Gending menyebabkan rumah warga di Desa Brumbungan Lor dan jalur Pantura terendam air. Kuatnya debet air juga menyebabkan sebuah tanggul setinggi 2 meter panjang 6 meter jebol. Dampaknya arus lalulintas dari arah Probolinggo – Situbondo tepatnya di Desa Brumbungan Lor ,Kecamatan Gending terpaksa mengular.

Kasatlantas Polres Probolinggo AKP. P Sigit Raharjo saat dihubungi menurunkan 16 personil untuk membantu memandu kendaraan yang melintas.

” Sejak pukul 18.00 air sudah menggenangi badan jalan sehingga kendaraan yang melintas harus ekstra hati-hati dan butuh panduan petugas. Sampai malam ini situasi lalulintas masih padat merayap karena air setinggi 40 cm”, jelas AKP.P.Sigit Raharjo, Sabtu malam (22/2/2020).

Diperkirakan air akan surut tengah malam lantaran air laut masih pasang. Selain jalan raya puluhan rumah juga dilaporkan terendam air setinggi 60 cm di bataran sungai Gending.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggot Hermanuadi dalam siaran persnya, menurukan unit reaksi cepat untuk melalukan esessment dan bantuan kepada warga Brumbungan Lor.

” Malam ini air masih menggenangi rumah warga dan ruas jalan Pantura. Anggota dilapangan masih melakukan esessment dan melakukan tindakan pertolongan kebencanaan. Curah hujan tinggi hampir 5 jam juga menyebabkan tanggul sepanjamg 6 meter jebol. Ini yang membuat air sungai meluber ke permukiman warga”, beber Anggit, Sabtu malam (22/2/2020).
Belum dilaporkan secara pasti dampak jembolnya tanggul tersebut.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *