Hujan Deras Genangi Pemukiman Warga Di Tongas, TNI / Polri Dikerahkan

  • Whatsapp

Anggota Polres Probolinggo Kota bersama TNI bersihkan sampah pasca luapan sungai di Tongas,Jumat malam.

KabarRakyat.ID – Cuaca ekstream memicu hujan cukup deras di sebagian wilayah Kabupaten Probolinggo, Jumat (7/2/2020).

Read More

banner 645x400

Dua Desa Curah Tulis dan Bayan, Kecamatan Tongas tergenang air setinggi 40 cm akibat luapan sungai. Sebagian rumah warga di Desa Bayeman tergenang air akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Lumbang.

Hujan yang berlangsung 3 jam itu menyebabkan air sungai meluap. Akibatnya rumah warga sekitar bantaran sungai tergenang air khususnya di Desa Bayeman dan sebagian Desa Curah Tulis.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, sedikitnya 4 hektar sawah terancam gagal panen.

” Hingga malam ini tim reaksi cepat BPBD masih esessment di lokasi banjr. Dan air sudah dilaporkan surut”, jelas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi, Jumat (7/2/2020) petang.

Hujan deras yamg disertai angin kencang juga menyebabkan rumah warga rusak berat di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Tongas. Bahkan tiang PLN dilaporkan ambruk.

Untuk membantu warga terdampak luapan sungai BPBD bersama anggota Polres Probolinggo Kota dan jajaran Kodim 0820 dikerahkan. Personil gabungan membersihkan tumpukan sampah yang terbawa luapan sungai di kawasan rumah warga dan jalan -jalan.

” Hingga malam ini tim gabungan TNI bersama anggota Polres Probolinggo Kota kami kerahkan membantu membersihkan sampah yang terbawa banjir. Terutama di bawah jalur tol banyak sampah yang menyumbat pada saluran air dan kawasan rumah warga terdampak”, jelas Kapolres Probolinggo Kota AKBP. Ambaryadi Wijaya.

Ada tanggul jebol akibat tersumbat tumbukan sampah dari kawasan atas yang hujan deras.

” Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa hanya ada satu rumah rusak termasuk jarimgan PLN putus akibat tertimpa pohon. Hari ini juga kita tangani”, ungkap AKBP.Ambar Wijaya.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *