IAI Darussalam Blokagung Dan ASKAB Jalin Kerjasama Peningkatan SDM Desa

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Institut Agama Islam (IAI) Darussalam, Blokagung dan Asosiasi Kepala Desa Banyuwangi (ASKAB) menjalin kerjasama atau Ta’aruf sebagai upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya terkait dengan optimalisasi BUMDes dalam peningkatan PAD Desa.

Kerjasama itu di tandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Rektor IAIDA, H.Ahmad Munib Syafaat,Lc,M.E.I dengan Ketua ASKAB, Anton Sujarwo bertempat di Warung Seblang,Singojuruh, Kamis (18/03/2021) kemarin.

Bacaan Lainnya

Rektor IAI Darussalam, H.Ahmad Munib Syafaat menyampaikan, besar harapan kerjasama yang ditandatangani tersebut dapat berjalan dengan baik, terutama dalam upaya meningkatkan SDM melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“ Harapan kita output dari IAIDA untuk teman-teman yang punya potensi dan kemampuan dibidang pendidikan serta penelitian bisa berkalaborasi dengan kebutuhan yang ada di desa , “ ucap Gus Munib panggilan akrab Rektor IAI Darussalam, Blokagung Banyuwangi.

Selain itu, Perguruan Tinggi berbasis pesantren ini memberikan beasiswa bagi keluarga kurang mampu yang mempunyai anak berprestasi untuk mengenyam pendidikan sesuai dengan program pendidikan yang ada di IAIDA Blokagung Banyuwangi.

“ Kita juga memberikan beasiswa lewat jalur ASKAB dan PWRI karena setiap tahun kita ada jatah beasiswa sekitar 85 hingga 100 juta , “ ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut IAIDA Blokagung juga mengenalkan beberapa program pendidikan di IAIDA sehingga ada ikatan emosional bersama dengan komitmen dapat membangun Banyuwangi menjadi lebih baik melalui kegaiatan bersama .

“ Kami tidak ingin program kerjasama ini hanya menjadi wacana dan teori saja di IAIDA tapi juga menjadi sebuah aplikasi dan menjadi point tambahan IAIDA menuju atau alh status menjadi Universitas Darussalan (UNIDA) , sedangkan untuk desa akan terbantu dengan SDMnya, kita adakan evaluasi, survey potensi desa , “ ucap Gus Munib yang juga anggota DPRD Banyuwangi ini.

Perlu diketahui di IAI Darussalam Bolkagung saat ini ada 3 (tiga) Fakultas dan program pendidikan, antara lain, pertama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan prodi ekonomi syariah dan prodi perbankan syariah.

Kedua Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan prodi pendidikan Islam, prodi pendidikan bahasa Arab, prodi Tadris Bahasa Inggris, dan prodi Tadris bahasa Indonesia. Ketiga Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam dengan prodi komunikasi dan penyiaran Islam serta prodi bimbingan dan konseling Islam.

Sementara Ketua ASKAB, Anton Sujarwo mengucapkan terima kasih dan menyambut baik kerjasama ini dengan harapan memberikan kebaikan terutama untuk pembangunan desa.

“ Harapannya kerjasama ASKAB dengan IAIDA ini dapat meningkatkan kualitas, daya saing dan produktifitas SDM desa melalui jalur beasiswa yang disediakan “ pungkas Anton Sujarwo singkat.*

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *