Indahnya Udeng Hingga Renyahnya Kerupuk Kulit Pisang Khas Probolinggo

  • Whatsapp

Wabub Probolinggo Drs.Timbul Prihandjoko membeli produk UKM di stan bazar HPN tahun 2020.

 

KabarRakyat.ID – Belum banyak orang yang tahu jika di Kabupaten Probolinggo memiliki kerajinan hasil UKM yang memiliki kualitas bagus dan Indah. Begitu pun, makanan olahan tradisional asal Probolinggo yang rasanya cukup menggoda lidah. Dari packing maupun proses,produk UKM Probolinggo sudah sesuai standar.

Lima tahun terakhir produk usaha kecil menengah (UKM) kabupaten Probolinggo mulai nampak eksistensinya. Keberadaan kelompok usah kecil penghasil makanan olahan hingga kerajinan bambu beberapa kali mengikuti even untuk mempromosikan produk-produk unggulan. Dari segi rasa, kemasan maupun kualitas produksi UKM Probolinggo memiliki peluang pasar yang cukup luas.

Batik dan udeng khas Sido Mukti produksi Mahrus, memiliki corak betik khas pesisiran dengan dominasi warna yang kinclong. Batik Sido Mukti sudah layak disandingan dengan produksi terkenal. Demikian juga kerajian bambu karya Saiful Haq dari kecamatan Sumberasih, dikenal dengan bambu pilihan. Karyanya mulai gasibu, kopyah, lampion bahkan lari sudah di pasarkan ke luar daerah.

Hasil makanan olahan krupuk dari kulit pisang produksi Husnul Aniki menjadi makanan khas paling unik yang di pamerkan di kegiatan Hari Pers Nasional di Hall Lila Catering, Dringu, Kabupaten Probolinggo, Kamis (20/2/2020) kemarin. Krupuk kulit pisang rasanya gurih, kripsi dengan kemasan yang bagus sudah layak go publik. Kripik singkong Sido Pekso produksi Apud pun sangat renyah memiliki varian rasa yang beragam. Termasuk produksi aksesoris produksi Herida, Pabean, Kecamatan Dringu.

Ketua UKM Kabupaten Probolinggo Saiful Haq mengaku senang dalam even HPN ke 74 tahun 2020 UKM bisa berpatisipasi. “Kami bangga bisa berpatisipasi digiat HPN tahun ini. Apalagi produksi unggulan ini bisa tumbuh karena dukungan promosi rekan-rekan jurnalis Probolinggo. UKM juga berharap dukungan pemerintah secara berkelanjutan. Di HPN ini termotivasi  seperti usaha Lila Catering yang sukses berkat dipromosikan oleh wartawan,”kata Saiful yang terlibat dalam bazar acara HPN.

Wakil Bupati Probolinggo Drs.H.Timbul Prihandjoko yang hadir bazar UKM mengajak masyarakat Probolinggo membeli dan mencitai produk lokal. Dengan begitu UKM bisa eksis dan menyerap lapangan pekerjaan. Disisi lain, hasil olahan UKM akan memperkuat ekonomi lokal.

” Pemerintah akan terus mendorong UKM tumbuh dan memberikan pendampingan usaha. Produksi UKM Probolinggo tidak kalah dengan produksi serupa di luar daerah. Dukungan media penting untuk promosi dan marketing”, kata Wakil Bupati Timbul Prihandjoko saat melihat bazar UKM, didampingi Kadis Kominfo Yulius Cristian, Kepala Bakesbangpol Ugas Irwanto, Ketua KONI Sugeng Nurfindarko,kemarin.

 

Reporter : Richard
Editor      : Choiri

 

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *