Ini Cara Bertahan Hidup Warga Sumbersari dari Ancaman Erupsi Semeru

  • Whatsapp

Warga Dusun Sumbersari Desa Supit Urang Kecamatan Pronojiwo tidur di luar rumah.

KABAR RAKYAT – Meski aktivitas Gunung Semeru tidak mengeluarkan lava pijar dan matrial vulkanik. Warga Dusun Sumbersari Desa Supit Urang Kecamatan Pronojiwo bertahan hidup dengan tetap waspada erupsi susulan.

Siang hari mereka pulang kerumah dan tetap beraktifitas. Sedangkan pada malam harinya warga keluar rumah tidur di pos yang mereka dirikan bersama-sama.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Hermanto, warga Dusun Sumbersari hampir setiap malam bergiliran jaga malam tetap waspada dengan aktivitas gunung Semeru.

“Warga giliran ronda malam saling melindungi satu dengan lainnya,” kata Hermanto, Selasa dini hari (8/12/2020).

Diakui Hermanto bahwa dirinya dan warga masih trauma dengan letusan gunung Semeru. Dia teringat saat erupsi mengeluarkan awan panas dan lava pijar serta gumpalan material vulkaning terhepas ke arah pemukiman penduduk.

“Kala itu seluruh warga keluar rumah lari menyelamatkan diri ke tempat aman. Banyak hewan ternak milik warga mati karena tertimpa material vulkanik dan awan panas,” kata Hermanto menceritakan pengalamannya.

Warga Sumbersari imbuh Hermanto sudah banyak yang pulang dari pos pengungsian yang persiapkan pemerintah. Pada malam hari mereka keluar rumah pergi bersama-sama ditempat aman. Sedangkan siang hari mereka pulang kerumah masing-masing menjaga hewan.

Pantauan media ini Pos milik warga, akses jalan menuju ke daerah aliran erupsi ditutup dan dilarang untuk dilintasi.***

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *