Kamis, November 26, 2020
Beranda JATIM BONDOWOSO Ini Harapan Bupati Bondowoso Pada Peserta Yang Sudah di Diklat

Ini Harapan Bupati Bondowoso Pada Peserta Yang Sudah di Diklat

REPORTERIfa Bahsa

KABAR RAKYAT – Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin, resmi menutup Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan V tahun 2020 yang bertempat di Pendopo Bupati Bondowoso , Kamis (5/11/2020).

Dalam sambutannya,  Bupati Salwa di hadapan para peserta, menyampaikan selamat atas proses pendidikan dan pelatihan tersebut dengan hasil yang sangat membanggakan.

“Saya yakin dengan pembekalan yang diperoleh dalam pendidikan dan latihan ini dapat memberikan wawasan dan cakrawala berpikir yang jernih bagi saudara dalam melaksanakan tugas dikemudian hari,”paparnya.

Pengembangan diri selaku pejabat struktural,  lanjut Bupati, perlu dipahami bersama bahwa melalui pelatihan ini, pemerintah berharap pejabat eselon III dapat memiliki kemampuan dalam menguasai teknis bidang tugasnya.

“Mampu dalam menerapkan kode etik dan menunjukkan komitmen dalam pelaksanaan tugas jabatannya. Untuk mewujudkan hal ini,  jelas memerlukan dukungan sumber daya aparatur yang handal dan profesional dalam sistem pemerintahan dan pelayanan publik, “imbuhnya.

Turut hadir dalam acara itu,  Aries Agung Paewai Kepala Badan Pengmbangan Sumber Daya Manusia Profinsi Jawa Timur . Menurutnya,  diklat ini adalah Diklat formal yaitu Diklat kepemimpinan yang setiap pejabat dari setiap tingkatan itu wajib untuk mengikutinya.

“setiap peserta yang mengikuti adalah harus ada kelulusan di dalamnya,  kalau ada kelulusan berarti mereka berhak untuk menduduki jabatan itu atau bisa dievaluasi kalau dia lulus dari pelatihan  dan merasa dia bagus untuk selanjutnya mengikuti jenjang berikutnya,” ujarnya saat ditemui awak media.

Maka menjadi prioritas oleh pemerintah daerah yaitu Pak Bupati, lanjutnya,  untuk memberikan poin tertentu buat para pejabat tersebut yang sudah menduduki jabatannya.

“Karena ini pelatihan formal setiap orang yang menduduki jabatan eselon III itu wajib untuk mengikuti Diklat PKA. Namanya pelatihan kepemimpinan administrator kalau nanti setelah mengikuti Diklat terus dapat promosi maka dia juga akan mengikuti Diklat yang selanjutnya lagi, maka jenjang Inilah yang harus diikuti seluruh ASN yang menduduki jabatan di pemerintahan,”pungkasnya.

Data yang dihimpun,  dari 30 peserta itu ada 10 peserta terbaik. Adapun kriterianya 10  terbaik itu berdasarkan evaluasi yang dilaksanakan selama 4 bulan , baik kepemimpinannya , etos kerjanya selama kediklatan, kerajinannya, serta disiplin dan juga tingkat inovasi yang dilakukan oleh perubahan.

“Untuk 10 besar ini menjadi kacamata buat pemerintah daerah, terutama Pak Bupati untuk memilih para pejabat yang mungkin nantinya akan duduk dipromosikan dijabatan tertentu di atasnya. Mereka inilah pemimpin dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka poinnya bagaimana mereka memberikan inovasi melakukan perubahan terhadap bagaimana yang dilakukan di instansinya masing-masing,”tutupnya.

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca