Ini Penjelasan Abah Joni, Seputar Hearing DPRD, Pemkab dan PT. BSI

256 views
banner 468x60)
DPRD HM Joni Subagio

Foto: H.M Joni Subagio, SH, MH (dok/kabarrakyat.id)

KABARRAKYAT.ID – Ini penjelasan Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, H. M Joni Subagio mengenai rapat kerja antara eksekutif dan legislatif dengan PT. Bumi Suksesindo (BSI) yang berlangsung tertutup di Ruang Khusus DPRD Banyuwangi, Jum’at (1/3/2019).

Seperti diketahui, di luar ruang rapat banyak awak media dan LSM yang ingin tahu jalannya rapat kerja denga perusahaan tambang emas yang berlokasi di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran tersebut. Bahkan, beberapa anggota LSM yang bertanya-tanya kenapa rapat digelar tertutup. Rapat kerja kali ini juga dikawal ketat oleh kepolisian dan Satpol PP Banyuwangi.

“Kami mohon maaf jika raker tadi tertutup. Bukannya kami tidak memberi ruang kepada kawan-kawan sekalian ini. Karena kami sendiri juga belum tahu. Dikhawatirkan kalau rekan-rekan semua ini masuk, dan yang dipertanyakan diluar konteks. Mangkanya kami butuh tahu, paham, dan mengerti terhadap mekanisme yang terjadi, dinamika hari ini. Toh tidak ada kongkalikong walaupun tertutup, kawan-kawan semua tahu sendiri,” kata wakil ketua dewan yang lebih akrab disapa Abah Joni ini.

“Yang perlu dipahami dalam hal ini, kami tidak mungkin memberi jawaban kepada masyarakat kalau kita ini tidak memahami dan tidak tahu permasalahannya. Baru ini tadi pertemuan dengan BSI membuka pemahaman kami. Dan alhamdulillah, upaya kami dan Pemkab membuahkan hasil,” ujarnya.

Dijelaskan, dalam rapat kerja tersebut, banyak hal yang ditanyakan oleh anggota DPRD, mulai dari nilai saham, deviden hingga perpindahan NPWP PT.BSI dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setiabudi Jakarta Selatan ke KPP Pratama Banyuwangi.

“Alhamdulillah NPWP PT BSI sudah pindah ke KPP Pratama Banyuwangi, sehingga daerah akan mendapatkan sharing  pendapatan pajak dari total pajak yang dibayarkan PT.BSI, ini salah satu keuntungan yang didapatkan oleh Kabupaten Banyuwangi” jelasnya.

“Bahkan yang terbaru, ada semacam kucuran dana dari pemerintah pusat untuk menyelamatkan anggaran Pemkab Banyuwangi yang tahun kemarin mendekati devisit. Rupanya dana itu dari BSI dikirim ke negara dan dari negara diberikan kepada Pemkab Banyuwangi,” ungkapnya.

Ketua DPC PKB Banyuwangi ini menambahkan, dalam rapat tersebut juga membuahkan kesepakatan bahwa dalam waktu dekat ini eksekutif dan legislatif akan berkunjung ke PT. BSI di Tumpang Pitu.

“Tadi sudah ada kesepakatan akan ada tindak lanjut. Nanti akan ada 50 orang dari DPRD dengan eksekutif untuk berkunjung dan melihat langsung kondisi di BSI. Setelah itu, legislatif dan eksekutif akan menggelar rapat khusus  membahas seputar PT. BSI,” pungkasnya.

Reporter : Fattahur

Editor : Richard

banner 468x60)

#banyuwangi kab #BSI #DPRD Banyuwangi

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply