Isak Tangis Warnai Prosesi Basuh Kaki Orang Tua Siswa SMKN 3 Bondowoso

502 views

KABARRAKYAT.ID – Isak tangis ratusan orang tua serta siswa SMK Negeri 3 Bondowoso, Jawa Timur tak terbendung saat prosesi basuh kaki menunggu pengumuman kelulusan. Kegiatan sekolah ini untuk membentuk mental siswa-siswi selalu patuh pada orang tua.

Kepala SMK Negeri 3 Bondowoso, Umar Said mengatakan, penerapan prosesi basuh kaki orang tua ini dilakukan agar siswa sejak masuk sekolah hingga kelulusan nanti, dapat menjadi siswa-sisiwa selalu patuh dan hormat kepada orang tua, guru, maupun di masyarakat.

“Dengan meminta maaf dan melakukan basuh kaki orang tua ini, diharapkan setelah lulus nanti para pelajar bisa mengabdi di masyarakat dan bekerja agar lancar serta selamat,” kata Umar Said, Sabtu (4/5/2019).

Kegiatan ini, menurut Umar Said, tradisi ini sudah banyak ditinggalkan di masa-masa saat ini. Siswa jika tidak mendapat perhatin akan sibuk dengan aktifitasnya sendiri, terlebih dengan adanya pengaruh gadget. “Untuk itu, kegiatan semacam ini perlu dijadikan sebuah tradisi,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan basuh kaki tersebut, para orang tua siswa sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah.

“Kami mengapresiasi sekali kegiatan seperti ini. Saya akui, tradisi basuh kaki mulai banyak ditinggalkan. Saya sangat terharu dan bahkan meneteskan air mata ketika anak saya meminta maaf dan membasuh kaki saya,” ucap Lutfiah, wali murid Sendiko rahma salah satu siswi SMK Negeri 3 Bondowoso.

Reporter : Yono
Editor  : Fattahur/Coi

#kelulusan SMKN 3 Bondowoso #lulusan SMKN 3 bondowoso

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply