Isu Bangkrut Picu Anggota Tarik Uang di KUD

142 views
banner 468x60)
Pengurus KUD Tri Jaya Sraten (1)

Foto: Pengurus KUD Tri Jaya Sraten memberikan penjelasan pada ribuan anggota.

KABARRAKYAT.ID – Isu bangkrut diduga jadi pemicu anggota menarik uang dalam jumlah besar dari Koperasi Unit Desa (KUD) Tri Jaya, di Desa Sraten Kecamatan Cluring, Banyuwangi Jawa Timur.

Hal itu disampaikan pengurus KUD Tri Jaya dalam rapat musyawarah di Kantor Pemeritah Desa Sraten, Kamis (16/5/2019).

Bronto Hadi, pengurus diketahui Bendahara KUD Tri Jaya, telah  mengklaim, kepailitan koperasinya itu diduga akibat terpaan isu bangkrut pada awal tahun 2018. Sehingga, banyak anggota yang melakukan penarikan secara besar-besaran dalam waktu yang hampir bersamaan.

“Kami menduga koperasi kami pailit karena isu bangkrut awal tahun lalu, sehingga banyak yang menarik simpanan ramai-ramai,” dalihnya.

Namun, Bronto mengaku akan berusaha untuk mengembalikan uang anggota koperasi yang berjumlah 5.311 orang dengan nilai simpanan mencapai angka Rp 50 miliar.

“Ya langkah kami, pertama mendata anggota yang memiliki piutang dan menariknya. Kedua menjual aset-aset yang dimiliki,” janjinya.

Pengurus KUD Tri Jaya Sraten (2)

Foto: Jajaran pengurus KUD Tri Jaya, Desa Sraten Kecamatan Cluring hadir dalam dialog musyawarah dengan anggota di Kantor Pemerintahan Desa Sraten.

Sementara itu, beberapa warga yang mempunyai simpanan di koperasi tersebut mendesak para pengurus melakukan audit. Dengan begitu, seluruh aliran dana koperasi dapat terpantau.”pangkasnya.

Seperti diberitakan, Kuasa Hukum KUD Tri Jaya Edi Siswoyo SH, mengatakan pihaknya sudah mengkalkulasi jumlah angka Simpanan Berjangka (SB), sebesar Rp. 9.056.600.000 miliar.

“Nilai ini milik  anggota KUD, dari masyarakat,” kata Edi Siswoyo, SH, Kamis (9/5/2019) malam.

Lanjutnya, di tambah lagi jumlah Simpanan Harian (SH) sebesar Rp. 46.304.216.387 miliar, ini juga milik masyarakat. Sedangkan jumlah anggota masyarakat yang pinjam uang ke KUD Tri Jaya sejumlah Rp. 2,4 miliar.

“Belum lagi uang yang di pinjam sejumlah KUD yang lainya sejumlah kurang lebih Rp. 6 miliar,” kata Edi Siswoyo, SH.

Total aset yang dimiliki oleh KUD Tri Jaya, beber kuasa hukum tersebut, mencapai kurang lebih Rp. 40 miliar. Selain itu belum ada yang diberikan kepada anggota KUD Tri Jaya. Padahal KUD Tri Jaya punya kewajiban memberi suku bungka kepada anggota atau penabung sebesar 16 persen.

Reporter: Jaenudin

Editor: Choiri

 

banner 468x60)

#anggota kud tri jaya #banywuangi #cluring #dinas koperasi #koperasi pailit #menteri koperasi #pengurus kud tri jaya

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply