Jaga Sumber Air Tidak Kering, Sumber Kembang Ditanami Ribuan Pohon

  • Whatsapp
Bupati Lumajang, H Thoriqul Haq

KabarRakyat.ID – Dalam rangka melestarikan dan menghijaukan hutan, di kawasan hutan Perhutani Klakah, tepatnya di sumber mata air Sumber Kembang yang berada Desa Sawaran Lor Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang dilakukan penanaman ribuan pohon berbagai jenis, Jumat (26/02/2020).

Kegiatan penanaman berbagai jenis pohon itu dihadiri Muspida, Adm KPH Probolinggo Imam Suyuti, Kepala BNN Lumajang, AKBP Indra , Camat Klakah, elemen masyarakat, tokoh agama dan masyarakat serta pelajar.

Selain itu, barisan TNI/Polri , Polisi Hutan (PolHut), elemen masyarakat, pelajar dan warga berdiri di pinggir Sumber Kembang.

Bupati Lumajang, H Thoriqul Haq mengapresiasi kegiatan pelestarian hutan dengan menanam pohon di kawasan hutan dan di sumber mata air itu. Menurutnya, dengan menanam dan merawat serta menjaga hutan, diharapkan agar tanaman tetap tumbuh dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Dengan menanam pohon produktif seperti mangga, durian dan jenis pohon buah, diharapkan bisa menghijaukan hutan dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Thoriqul Haq.

Hal senada juga disampaikan Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol Inf. Ahmad Fauzi SE. Menurutnya, kegiatan menanam pohon produktif kali ini kelak yang akan menikmati adalah anak cucu. Untuk itu warga harus bisa merawat dan menjaga pohon yang ditanam ini dengan baik.

“Sekarang ini saya menanam, apa bisa menikmati hasilnya? Kan harus menunggu beberapa tahun lagi, dan yang menikmati adalah warga,” ungkapnya.

Camat Klakah, Yogq mengungkapkan, digelarnya kegiatan menanam pohon di kawasan hutan dan sumber mata air itu merupakan langkah awal memberikan edukasi dan pemahaman untuk bisa mencintai dan menjaga kelestarian hutan. Selain itu juga menjadi resapan sumber mata air supaya sumber mata air tidak kering.

“Kegiatan ini pada intinya adalah penghijuan,” pungkasnya.

Reporter : ulum subekti

Editor  : Setiawan

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *