Jalur Wisata Ijen Banyuwangi Tembus Bondowoso Normal

Jalur wisata ijen

Mobil muatan hasil bumi melintas di Jalur Wisata Ijen Banyuwangi tembus Bondowoso. Foto hasil, potongan video KabarRakyatID/Choiri

Warga tak tahu pemerintah keluarkan status tanggap bencana kebakaran hutan dan lahan

KabarRakyat.ID – Aktifitas ekonomi di jalur kawasan wisata Kawah Ijen, Kabupaten Banyuwang tembus Bondowoso, Jawa Timur sudah mulai menggeliat normal.

Sesekali terlihat mobil angkutan barang hasil bumi dari arah Bondowoso menuju Banyuwangi sudah melintas lagi. Berbeda pada, Sabtu, 19/10/2019 sore, terjadi kebakaran hutan di Gunung Ranti dekat wisata Kawah Ijen. Dan beberapa hari kemudian dinyatakan pemerintah akses jalan ditutup.

Pantauan KabarRakyatID bersama beberapa tim, kondisi kebakaran sudah berkurang. Dibanding dengan kondisi beberapa hari lalu. Titip api masih terlihat jelas dari jarak jauh.

“Kalau sekarang kondisinya sudah berkurang. Beberapa hari lalu memang kebakaran hutan dan angin kencang,” kata Pak Dwi, warga Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banywangi, Kamis malam, 24/10/2019, pukul 09:30 WIB.

Mobil box muat barang hasil bumi, juga terlihat melintas di jalur kawah Ijen dan berpapasan di kawasan Tawonan, Desa Tamansari.

Berita Terkait

Api tidak lagi terlihat besar. Hanya terlihat kecil. Dan menurut warga setempat masuk kawasan Bondowoso.

“Kalau bekaran sampai turun ke bawah lereng, biasanya tidak mungkin terjadi. Kecuali ada alang dan ranting kering yang sengaja di bakar. Minimal terlihat bersih. Apalagi saat ini, tidak ada orang mengungsi. Karena kawasan disana tidak ada penduduk. Yang ada disana (Paltuding) hanya pedagang saja. Itupun pulang kalau hari tertentu,” ungkap Antok warga Bondowoso yang berumah tangga di Desa Tamansari.

Dikatakan, warga sekitar itu. Saat ini pedagang tidak lagi berdagang maksimal. Karena ada penutupan akses wisata Kawah Ijen seperti anjuran pemerintah kabupaten Banyuwangi. Bahkan warga sekitar, lereng gunung tersebut tidak tahu jika pemerintah kabupaten Banyuwangi sudah mengeluarkan status baru status tanggap darurat atas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Gunung Ranti, Gunung Ijen dan Gunung Merapi Ungup-ungup.

“Saya tidak tahu, apa itu status tanggap bencana kebakaran hutan. Sampean lihat sendiri kondisinya sekarang seperti apa disini,” ungkapnya.

Reporter: Jaenudin/Choiri

Editor: Richard

banner 970x90









Loading...

#karhutla #kebakaran hutan #wisata kawah ijen

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 800x600)

    Tinggalkan pesan