Jamaah Haji Situbondo Rentan Gangguan Kesehatan

129 views
Jamaah haji situbondo (1)

Jamaah haji Situbondo menjalani tahapan manasik haji. Ft. Yons

Selama jalani ibadah haji. Tim medis telah sediakan obat, jika sewaktu-waktu jemaah terganggu kesehatan.

KABARRAKYAT.ID – Kurang lebih 50 persen dari total kuota 656 calon jamaah haji tahun 2019 asal Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, berpotensi terganggu kesehatan. Faktor usia dan riwayat penyakit calon jemaah haji telah tercatat oleh petugas kesehatan.

Selama menunaikan ibadah haji, tim medis menyediakan obat jika sewaktu-waktu terganggu kesehatannya.

Satu persatu tahapan, saat di tanah suci nanti, mulai disosialisasikan pada calon jemaah haji. Mulai tawaf mengelilingi Ka’bah, Sa’i hingga lempar jumroh, petugas memberikan bimbingan kepada calon jamaah haji.

Jamaah haji situbondo (3)

Jamaah haji Situbondo menjalani tahapan manasik haji. Ft. Yons

Kegiatan praktik  manasik haji ini, merupakan rangkaian kegiatan haji yang telah dilakukan sebelumnya di laksanakan tingkat kecamatan. Kegiatan manasik di kabupaten ini, untuk kembali mengingatkan pada calon jemaah, selain apa yang harus dihindari, agar nantinya juga tidak terpisah dari rombongan.

Mashuri seorang calon jemaah haji Situbondo, mulai mengalami pusing saat melakukan manasik haji. Hal ini dikarenakan faktor lanjut usia. Kendala kesehatan calon jemaah tersebut, petugas kesehatan telah melakukan pendataan riwayat sakit lebih dini. Upaya antisipasi untuk mempermudah tim medis menangani calon jemaah haji yang jatuh sakit selama menunaikan ibadah.

Misbahul Munir, Kepala Kementrian Agama di Kabupaten Situbondo menjelaskan pada tahun 2019 ini, kuota calon jemaah haji Situbondo sebanyak 656 orang. Mereka terdiri dari 445 laki-laki dan 211 perempuan dengan gelombang pemberangkatan dua kloter yakni kloter 42 dan 43.

Reporter: Yons

Editor: Choiri

banner 970x90









Loading...

#Haji Situbondo #ibadah haji #Jemaah haji

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply