Jangan Lakukan Ini Jika Ponsel Terendam Air

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Dalam keadaan disengaja atau tidak, kerusakan ponsel sering kali dibuat oleh pemiliknya sendiri. Kerusakan yang melibatkan fisik misalnya, seperti terjatuh dari ketinggian atau terendam di dalam air.

Ketika ponsel terjatuh ke dalam air usahakan secepat mungkin untuk mengeluarkannya, karena semakin lama perangkat Anda berada di dalam air maka semakin rendah peluangnya untuk bertahan hidup.

Bacaan Lainnya

Setelah keluar dari air, matikan perangkat untuk beberapa saat, bahkan jika tampak seperti dalam keadaan baik. Jika ponsel dalam keadaan hidup, matikan saja dan letakkan di tempat yang aman. Sebaiknya di atas permukaan yang rata, seperti di atas beberapa handuk kertas.

Hal yang tidak boleh dilakukan setelah melihat ponsel terjatuh ke dalam air adalah sebagai berikut, jangan menyambungkannya ke listrik atau pengisian daya karena komponen listrik tidak cocok dengan air.

Lalu, jangan tekan tombol apa pun dan jangan menggoyang atau meniup perangkat karena dapat mendorong air lebih jauh ke dalam telepon, untuk itu hindari juga alat pengering karena terdapat angin yang bertiup.

Cobalah untuk mengeringkan bagian luar dengan handuk kertas. Gunakan handuk kertas untuk mengeringkan setiap komponen. Pastikan Anda tidak terlalu mengotak-atik telepon, keringkan semuanya dengan lembut.

Ada area yang tidak bisa diakses tisu. Di atas disarankan untuk tidak meniup apa pun ke ponsel, tapi Anda bisa melakukan penyedotan agar air bisa keluar. Penyedot debu bisa dimanfaatkan tanpa terlalu banyak risiko.

Pastikan penyedotan tidak membuat ponsel bergerak berlebihan. Masuk ke bagian tersulit, tahap pengeringan. Dikatakan sulit karena ini akan membuat pemilik dalam waktu yang lama tidak bisa menyentuh ponsel.

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *