“Jathilan Bromo” Harmoni Budaya Even Terbaik Jawa Timur

91 views
Screenshot_2019-09-25-14-12-33-260_com.google.android.youtube Jathilan

Foto : Festival Jathilan Bromo nuasa beda diatas gunung.

KabarRakyat.id – Eksotik gunung Bromo rasanya tidak pernah pudar. Alam dan budaya menyatu secara harmoni melalui seni dan keindahaanya. Festival “Jathilan Bromo” menjadi pilihan even menarik untuk dikunjungi karena memiliki nilai budaya khas ala Jawa Timuran. Membawa lakon kejayaan Patih Gajah Mada digarab kreografi kondang, drama tari yang dimainkan bakal menghibur penonton.

Festival Jathilan Bromo bakal diikuti oleh sejumlah daerah di antaranya Lumajang,Banyuwangi, Yogyakarta, Temanggung Jawa Tengah yang semuanya dimainkan oleh penari profesional. Belum lagi sajian drama tari yang mereferensi kitab Negara Kretagama gubahan empu Prapanca mengambarkan kejayaaan kerajaan Majapahit.

Frakmen tari ini ditulis oleh Sigit Pramono, penata tari dan musik Dr.Kuswarsanyo akan menjadi pembeda dalam kreasi seni pertunjukan kali ini. Kuatnya cerita yang dimainkan tidak hanya menghibur penonton tetapi diajak juga melihat secara nyata pada kebesaran peradapan kerajaan Majapahit.

Penonton bakal menikmati cerita kolosal yang membawa kita pada atmosfir kesenian khas Jawa Timuran seraya menikmati perpaduan alam nan indah di gunung Bromo. Pada sesi lain pengunjung diajak menikmati tarian khas Glipang khas Probolinggo.

Even ini juga dilirik oleh sejumlah daerah untuk menampilkan kasanah budaya yang dimiliki. Pertunjukan sepanjang tahun “Jathilan Bromo” akan menjadi laboratorium seni pertunjukan khas Jawa Timur yang menarik untuk dilihat.

Ketua penyelenggara Jathilan Bromo, Bagas menyebut, even ini bakal menjadi tontonan berkualitas dan menarik. Mengusung kejayaaan Majahpahit yang menggabarkan sebuah cerita berkarakter.

” Tontonan yang digarap detail, dimainkan oleh penari profesional dan frakmen menarik sangat layak untuk dinikmati. Mahakarya budaya tari digelar Sabtu, 28 September 2019 nanti”, ungkapnya.

Bagas juga mengaku banyak daerah yang ingin menampilkan tarian khas di ajang ini. Tentu saja ini menarik. Respon kebudayaan yang positip akan menumbuhkan kreatifitas.

Begini sepotong kutipan ceritanya ; Isun Gajah Mada patih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, isun Gajah Mada: “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Butuni, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa”. Yang kemudian dikuti pasukan berkuda yang gagah perkasa.

Ingat pameo, gagal fokus akibat kurang piknik !!

Reporter : Richard

Editor : Choiri

banner 970x90









Loading...

#Distinasi terbaik #even gratis di Bromo #even kebudayaan #Festival jathilan Bromo #icon wisata baru #Pariwisata jawa timur #Tari jathilan #travel terbaik

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply