Jelang Pemilu 2019, Bakesbangpol Banyuwangi Sosialisasi Peran Pemda

128 views
banner 468x60)
Bakesbangpol BWi

Kegiatan sosialisasi ptentang peran pemerintah dalam pemilu 2019

KABARRAKYAT.ID – Lima puluh hari menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banyuwangi melaksanakan sosialisasi dukungan Pemerintah Daerah dalam Pemilu serentak tahun 2019, bertempat di Aula Universitas 17 Agustus 1945 (Untag ) Banyuwangi, pada Rabu (27/02/2019).

Kegiatan yang mengambil  tema “ Peran TNI, POLRI, ASN dan Kepala Desa dalam mewujudkan netralitas dan bersinergi menjaga kondusifitas wilayah Banyuwangi Mensukseskan Pemilu tahun 2019” mengundanghadirkan narasumber  Komandan Kodim 0825, Letnan Kolonel Infanteri ,Ruly Nuryanto, Kapolres Banyuwangi diwakili Kabag Ops Polres Banyuwangi, Kompol. Martono, Komisoner KPU, Edy Saiful Anwar dan Ketua Bawaslu, Hamim. Dengan mederator Irwan Suryanto.

Sekretaris Bakesbangpol Banyuwangi, Nyoman Widiase dalam sambutan pembukanya menyampaikan, salah satu kinerja pembangunan politik,Pemerintah Daerah melalui Bakesbangpol membantu lembaga penyelenggaran pemilu, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengunakan hak pilihnya.

“ Perlu diketahui, target partisipasi pemilih dalam tahun 2019 di Banyuwangi sebesar 70 persen , “ ucap Nyoman Widiaese dihadapan peserta sosialisasi.

Menurutnya,  perhelatan pemilu merupakan tugas bersama semua komponen bangsa, termasuk TNI, POLRI, ASN dan Kepala Desa. Dan sukses pelaksanaan Pemilu tahun 2019 bergantung kepada kesolidan seluruh unsur pemangku kepentingan untuk dapat saling berkoordinasi dan membangun komunikasi yang baik. Sehingga pesta rakyat lima tahunan tersebut dapat berjalan lancar, damai dan demokratis.

“ Kesimpulannya TNI, POLRI, ASN dan Kepala Desa harus menjaga netralitas dalam Pemilu 2019 mendatang, dan siap bersinergi demi kesuksesan dan kelancaran Pemilu yang kondusif, “ pungkas Sekretaris Bakesbangpol Banyuwangi.

Selanjutnya Komandan Kodim 0825, Letkol Infanteri Ruly Nuryanto dalam paparanya menegaskan dan menjamin Tentara Nasional Indonesia (TNI) tetap memegang teguh netralitas dalam Pesta demokrasi 2019 mendatang.

“ Netral adalah tidak berpihak, tidak ikut atau membantu salah satu pihak, TNI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis, “ jelasnya

Dan tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Namun TNI juga memiliki beban moral untuk ikut serta dalan menyukseskan Pemilu tahun 2019.

Kapolres Banyuwangi melalui Kabagops, Kompol Martono dalam paparan mejelaskan, netralitas POLRI dalam Pemilu telah ditegaskan dalam Pasal 28 Undang-Undang No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“ POLRI bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis, Dan anggota POLRI tidak mengunakan hak pilih dan dipilih, “ jelas KomPol. Martono.

Tetapi dalam Pemilu tahun 2019, POLRI mempunyai tugas diantaranya, melakukan pengamanan pada setiap tahapan pelaksanaan Pemilu tahun 2019 agar penyelenggaraan Pemilu dapat berjalan aman dan lancar.

Melakukan penyidikan terhadap tindak pidana Pemilu yang dilaporkan kepada POLRI melalui Bawaslu, Panwaslu kabupaten/kota.

Melakukan tugas lain menurut Peraturan Perundang_undangan yang berlaku, seperti  melakukan tugas pelayanan penerimaan pemberitahuan kegiatan kampanye dan/atau pemberian lain kepada peserta Pemilu 2019.

Sementara Komisioner KPU Banyuwangi dalam kegiatan yang digelar Bakesbangpol menjelaskan tahapan,program dan jadwal penyelengaraan Pemilu tahun 2019. Sedangkan Ketua Bawaslu, Hamim memaparkan pengawasan netralitas ASN,TNI,POLRI dan Kepala Desa dalam Pemilu 2019.

Reporter: Hariyadi

Editor: Choiri

banner 468x60)

#banyuwangi kab #Lembaga Politik #Pemilu 2019

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply