KAI Daop 9 Hadirkan Pemeriksaan GeNose C19

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Mulai 10 Maret 2021, KAI Daop 9 Jember menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 bagi pelanggan KA di Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang.

Untuk mendapatkan layanan ini, para pelanggan KA hanya dikenakan biaya sebesar Rp20.000,-. Layanan pemeriksaan GeNose C19 merupakan hasil sinergi antara KAI dan Rajawali Nusindo, serta Universitas Gadjah Mada.

Bacaan Lainnya

“Hadirnya layanan pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan KA dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan Kereta Api Jarak Jauh,” ujar Vice President KAI Daop 9 Jember, Agus Barkah Nugraha, Rabu (10/03/2021).

Sesuai SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum jam keberangkatan.

Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum jam keberangkatan.

Syarat Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas.

Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

“Pada saat pelaksanaan calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan,” terangnya.

KAI Daop 9 Jember akan memastikan bahwa yang dapat naik KA adalah pelanggan yang dalam kondisi sehat dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan pemerintah.

“Penambahan penyediaan layanan ini juga merupakan perwujudan dari dukungan KAI Bangga Buatan Indonesia,” tutup Agus Barkah.

Untuk info selengkapnya terkait layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.*

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *