Monday, October 26, 2020
Home JATIM BONDOWOSO Kantor BIP Kembali di Luruk Para Suplier

Kantor BIP Kembali di Luruk Para Suplier

REPORTERIfa Bahsa
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Puluhan orang suplier kayu sengon beserta rekanannya meluruk kantor Bondowoso Indah Plywood (BIP) Divisi Industri PT Indah Karya, Desa Pakauman, Grujugan, Bondowoso. Mereka menuntut janji pembayaran kayu sengon yang sudah disalurkan sebelumnya oleh suplier.

Di depan Kantor BIP. Mereka membentangkan massa alsi beber spanduk bertulis tuntutan pembayaran. Sebagai bentuk protes, mereka menggotong tujuh potongan kayu sengon.

Perwakilan BIP sempat menemui para suplier untuk memberikan penjelasan namun, para suplier tetap tak puas dengan penjelasan BIP. Mereka memekikkan suara agar BIP segera melunasi hutangnya. Kendati sempat bersitegang urat leher, aksi tersebut berjalan dengan aman.

Salah satu suplier asal Sragen, Nanang Sampurno mengatakan hingga kini BIP punya tunggangan pembayaran sekitar Rp 8 miliar. Hutang pembayaran itu belum terbayarkan hingga hampir setahun.

“Pihak perusahaan (BIP) menjanjikan pada Agustus 2020 bakal mencairkan pembayaran 30%. Namun, kenyataannya sampai saat ini belum ada pencairan. Oleh sebab itu, kami datang ke sini untuk menagih janji pembayaran,” katanya pada sejumlah wartawan, Senin (21/9/20).

Ia mengungkapkan, dalam kontrak kerja antara suplier dan BIP pembayaran dilakukan setiap 2 Minggu. Namun, BIP tak memenuhi kesepakatan kontrak kerja itu.

“Semua ada kontrak kerja secara resmi dibuat di hadapan notaris. Posisi kami sudah sangat kuat karena ada perjanjian atau kontrak kerja ini. Tetapi ternyata perusahaan selalu mengingkari janji,” paparnya.

Selain itu, lanjut Nanang, pihak suplier tak bekerja sendiri. Mereka punya mitra rekanan dalam menyetok kayu sengon pada BIP.

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca