Kapolres Probolinggo Bagi-bagi Masker ke Turis Bule di Bromo

72 views
banner 468x60)
Kapolres Probolinggo

Foto : Rombongan turis bule menerima bantuan masker dari Kapolres Probolinggo saat hujan abu di gunung Bromo, Jumat (15/3/2019).

KABARRAKYAT.ID – Hujan abu akibat erupsi gunung Bromo sejak beberapa hari terakhir nampaknya tidak mempengaruhi aktifitas masyarakat. Termasuk kunjungan wisatawan manca negara (wisman) maupun domestik masih berlangsung normal. Disisi lain,  upaya mitigasi bencana dilakukan lembaga terkait mulai BPBD, TNI/Polri dan Pemkab Probolinggo, Jawa Timur, untuk memantau perkembangan erupsi gunung Bromo.

Upaya melindungi warga dari hujan abu vulkanik dari erupsi gunung Bromo dilakukan oleh BPBD dan TNI /Polri sebagai bentuk kesiagaan dan tindakan Mitigasi kebencanaan. Hujan Abu gunung Bromo menyebabkan sebagian Desa di Kecamatan Sukapura menjadi daerah awan terpapar. Memantau perkembangan di kawasan Bromo hujan abu dikuatirkan mengganggu kesehatan warga.

Kapolres Probolinggo AKBP. Eddwi Kurnianto melihat perkembangan erupsi Bromo langsung memberikan bantuan masker kepada masyarakat di Kecamatan Sukapura termasuk wisatawan yang terpesona dengan keindahan gunung Bromo saat erupsi.

“Hari ini kami membagi-bagi masker untuk masyarkat Kecamatan Sukapura yang terdampak hujan abu. Kami ingin memastikan aktifitas masyarakat semuanya masih berjalan normal. Namun hujan abu tetap harus diwaspadai karena bisa mengganggu kesehatan khususnya pernafasan. Abu vulkanik itu mengandung silikon yang memicu iritasi baik pada mata atau saluran pernafasan. Maka penggunaan masker itu perlu kita sarankan kepada masyarakat terdampak
Abu Bromo, “kata AKBP. Eddwi Kurniyanto, Jumat (5/3/2019), didampingi tim dokkes Polres Probolinggo.

Yang menarik dalam kegiatan Kapolres Probolinggo saat memantau perkembangan erupsi Bromo,  sejumlah wisatawan mancanegara tetap berdatangan ke Bromo. Sejumlah rombongan bule ini sempat dihampiri AKBP. Eddwi untuk diberi masker.

“Mereka ternyata banyak yang tidak mengenakan masker maka kita beri dan saya sarankan memakainya demi kesehatan. Secara umum kondisi di Bromo masih aman namun tetap mengacu kepada larangan 1 Km dari kawah sesuai rekomemdasi PVMBG. Sementara upaya mitigasi terus kita koordinasikan dengan BPBD, TNI dan Pemkab Probolinggo guna kesiagaan bencana”, terang AKBP.  Eddwi Kurniyanto.

Sementara itu, camat Sukapura Yulius Cristian menjelaskan, stok masker untuk saat ini masih mencukupi.  “Kemarin bantuan masker dari BPBD sebanyak 10.000 buah sudah diterima dan sebagian sudah ditribusikan untuk daerah terdampak. Secara umum hujan abu tidak mengganggu aktifitas warga termasuk lahan pertanian. Memang penting penggunaan masker untuk menghindari iritasi pernafasan akibat debu gunung Bromo”, terangnya.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

banner 468x60)

#abu gubung Bromo #Polisi bagi bagi masker di Bromo #Kapolres Probolinggo #camat Sukapura #BPBD Kabupaten Probolinggo

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply