Saturday, August 8, 2020
Home BERITA Kapolres Probolinggo Kota Sulap Kampung Kumuh Jadi Kampung Tangguh Mandiri Pangan

Kapolres Probolinggo Kota Sulap Kampung Kumuh Jadi Kampung Tangguh Mandiri Pangan

KABAR RAKYAT – Problem kampung kumuh Wirosecang,kelurahan Wiroborang, Kota Probolinggo lambat laun mulai tertata.

Sejak ditetapkan menjadi kampung Tangguh oleh Kapolres Probolinggo Kota, kini menjadi kawasan bersih dan menjadi mandiri pangan.

Kampung Tangguh Wirosecang sebelumnya terkenal bau busuk dan kumuh. Sungai yang melintasi penuh sampah mengumbar bau tak sedap serta padat hunian.

Melihat kondisi ini muncul gagasan Kapolres Probolinggo Kota untuk menyulap menjadi kampung Tangguh bersamaan dengan Pandemi Covid -19.

Nampaknya, sentuhan AKBP.Ambaryadi Wijaya, SH, S.I.K direspon cepat oleh warga. Alhasil, sungai yang dulunya berbau kini menjadi tempat budidaya ikan.

“Kampung Wirosecang ini memiliki masyarakat yang sangat aktif, hal ini bisa menjadi contoh oleh kampung lain di Kota Probolinggo,” jelasnya.

[the_ad id=”29596″]

“Kami sangat mengapresiasi dari apa yang telah diinisiasi oleh bapak Kapolres Probolinggo Kota yang mendorong masyarakat untuk terbentuknya kampung tangguh di kampung ini.” kata Habib Hadi Zainal Abidin Walikota Probolinggo(09/07/2020).

Walikota yang turut hadir dalam tebar ikan di kampung Tangguh Wirosecang berharap warga terus berinovasi membenahi kampung.

Bisa mandiri dalam pengelolaan lingkungan dan kemandirian pangan.

” Kampung ini berubah total dari yang sebelumnya. Sungai yang sebelumnya kotor dan tidak enak di pandang menjadi bersih dan jernih airnya. Sekaligus dimanfaatkan sebagai kolam budidaya ikan Nila. Ada kemandirian pangan sektor perikanan disini”, ungkap Habib Hadi Zainal Abidin gembira.

Dalam kesempatan yang sama Kapolres Probolinggo Kota AKBP.Ambaryadi Wijaya mengaku ide kampung Tangguh Wirosecang bagian dari kepedulian dalam tata kelola perkotaan menghadapi pandemi Covid -19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER