Kapolresta Banyuwangi Waspadai Cuaca Ekstrem ; Pasar Ikan Dan Fasilitas Pelabuhan Dusun Pancer Roboh Diterjang Angin Puting Beliung

  • Whatsapp

 

Gedung  Pelabuhan Dusun Pancer , Banyuwangi, roboh setelah diterjang angin puting beliung.(sis)

Bacaan Lainnya

KABAR RAKYAT – Cuaca ekstrim yang tengah berlangsung di wilayah Jawa Timur, mengakibatkan sejumlah fasilitas umum dan rumah warga roboh diterjang angin puting beliung. Seperti di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, sedikitnya ada 8 rumah dilaporkan rusak. Sementara dua bangunan pelabuhan nelayan Pancer roboh termasuk pasar ikan.

Kejadian angin puting beliung terjadi Rabu siang (4/4/2021), di Dusun Pancer, Desa Suberagung,Kecamatan Pesanggaran mengakibatkan sedikit 8 rumah milik warga dilaporkan rusak. fasilitas pasar ikan yang dibangun swadaya oleh nelayan setempat juga rusak akibat terjangan angin puting beliung.

Bahkan dua bangunan milik pelabuhan Pancer dilaporkan rusak berat. Bagian atap bangunan lepas tertiup angin. Heru Prastyo kepala pelabuhan Pancer menjelaskan, dua bangunan milik pelabuhan juga nyaris roboh. Atap bangunan hilang tersapu angin kencang yang dibarengi hujan deras, Rabu siang kemarin.

” Dua bangunan aset kami rusak berat. Bagian atap hilang tersapu angin. Sejak Kamis pagi, kami melakukan bersih-bersih termasuk warga nelayan membantu mengurus bangunan pasar ikan milik nelayan yang mengalami kerusakan,” ungkap Heru Prastyo, Kamis (4/3/2021).

Kerugian material akibat kejadian ini menurut Heru Prastyo diperkirakan mencapai Rp.1,5 miliar.

Sementara itu, sedikitnya 8 rumah milik warga di Desa Sumberagung, mengalami rusak ringan dan sedang. Sebagian rumah dilaporkan telah diperbaiki secara gotong-royong melibatkan anggota Polsek Pesanggaran, Koramil Pesanggaran, dan BPBD Kabupaten Banyuwangi.

” Seperti dilaporkan ada delapan rumah yang terdampak angin puting beliung sudah dilakukan bersih-bersih dan perbaikan ringan oleh warga secara gotong -royong yang melibatkan muspika setempat. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Ada sejumlah aset pelabuhan di Pancer termasuk pasar ikan nelayan rusak dan tengah diupayakan untuk diperbaiki,”ungkap Kapolresta Banyuwangi Kombes.Pol.Arman Asmara Syarifuddin, Kamis (4/2/2021).

Masih kata Kombes.Pol.Arman Asmara, cuaca ekstrem yang diprediksikan masih terjadi beberapa hari ke depan, masyarakat diminta tetap waspada dan berhati-hati saat beraktifitas di luar rumah.

” Cuaca ekstrem berdasarkan ramalan BMKG masih dimungkinkan terjadi. Untuk itu perlu diwaspadai jika melakukan aktifitas di luar rumah. Tetap kedepankan keselamatan dan melaporkan segera jika ada bencana ke Polsek terdekat. Kami terus mencermati perkembangan cuaca dan potensi bencana di wilayah Polres Banyuwangi,” tandas Kapolresta Kombes.Pol.Arman Asmara kepada Kabarrakyat.id

 


 

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *