Kasepuhan Tirto Kahuripan Punden Agung Kirap Pusaka Dan Ratusan Takir

98 views

Kirap pusaka dan ratusan takir (1)

KabarRakyat.ID – Kasepuhan Tirto Kahuripan Punden Agung, dalam peringatan hari jadi ke-10 Tahun 2019, menggelar tradisi kirap pusaka dan ratusan takir hidangan. Acara itu, digelar di Padepokannya, Desa Wringinrejo Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, pada hari Selasa, 10/9/2019.

Ketua Pimpinan Kesepuhan Tirto Kahuripan, pusat, Imam Hambali mengatakan acara tradisi ini, bersamaan dengan selesainya pembangunan gedung padepokan yang baru.

Tujuan, tradisi ini, kata Imam, untuk kebersamaan spirit budaya nusantara, guna tumbuhkan kesadaran tentang wawasan berkebangsaan yang menjujung tinggi Ke-Bhineka Tunggal Ika dan menjaga persatuan bangsa.

Dijelaskan Imam, ritual kirap pusaka dan takir digelar setiap tahun. Kali ini, dikombinasikan antara kirap pusaka dengan takir masal diakhirnya doa bersama sesuai agama dan keyakinan masing-masing.

Kirap pusaka dan ratusan takir (2)

Harapannya, bangsa Indonesia kembali berjaya seperti jaman dahulu. Kita tetap menjaga silahturohmi kebersamaan, dintara perbedaan. Tidak ada lagi, konflik antara agama. Semuanya tetap bersatu atas ridho dari Allah SWT.

“Kita semua punya keyakinan, monggo yang punya keyakinan masing-masing, baik agama Islam, Hindu, Budha dan Kristen, semuanya kumpul, menjaga keutuhan NKRI,” ungkap Imam Hambali.

Ketika para pemuda dan masyarakat nguri-nguri budaya, adalah bagian filter terhadap budaya. Boleh belajar dari mana saja, maka ilmunya kita bawa pulang ke Indonesia. Khususnya ilmu manfaat.

Reporter: Jaenudin

Editor: Choiri

#Kasepuhan Tirto Kahuripan Punden Agung #kepercayaan #tradisi leluhur

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply